VIDEO: Rujak Cingur Genteng Durasim, Kuliner Legendaris dari Surabaya

VIDEO: Rujak Cingur Genteng Durasim, Kuliner Legendaris dari Surabaya

Salah satu kuliner legendaris yang sudah dikenal di Surabaya adalah Rujak Cingur Genteng Durasim, di Jalan Genteng, Surabaya.Warung Rujak Cingur ini sudah berjualan sejak zaman penjajahan Belanda, pada 1943, dan tetap bertahan hingga sekarang.

Dengan penjual dan resep masakan turun temurun hingga anak cucu. Uniknya lagi, cobek untuk mengulek rujak sudah berusia 70 tahun lebih dan tetap dipakai hingga sekarang.

Sama seperti rujak cingur lainnya, rujak cingur ini menggunakan paduan kacang, petis dan udang ebi, serta bumbu yang menjadi warisan pendahulunya.

Yang istimewa cingur atau moncong sapi yang direbus dan diracik dengan bumbu sehingga terasa lezat dan empuk sedikit kenyal, dipadu dengan lontong dan sayuran seperti taoge, kangkung dan kacang panjang rebus, juga ada potongan buah pepaya, nanas, mentimun dan buah lainnya.

Pelanggannya tidak hanya dari Surabaya. Namun luar kota, bahkan wisatawan asing banyak yang singgah menikmati lezatnya Rujak Cingur Genteng.

Hendri Sutjipto, penjual rujak cingur, menuturkan tidak ada cabang lain, karena kita turunan, dan pihaknya adalah generasi yang meneruskan.

"Bahwa kalau ke Surabaya harus mampir ke Rujak Cingur Genteng, karena rasanya yang hebat dan sedap," ujar wisatawan asal Prancis, Gare de Schefren.

Nah, bagi Anda pecinta makanan tradisional Surabaya, Anda mungkin bisa mencoba menu Rujak Cingur Genteng yang sudah melegenda. Harganya pun cukup ramah di kantong, berkisar antara Rp. 30 hingga 50 ribu per porsi.

Yuk tonton video-nya

Ringkasan

Oleh Didi N pada 26 September 2019, 12:33 WIB

Video Terkait

Spotlights