VIDEO: Siswa Madrasah Ibtidaiyah Madura Belajar di Bangunan Tak Layak

VIDEO: Siswa Madrasah Ibtidaiyah Madura Belajar di Bangunan Tak Layak

Madrasah Ibtidaiyah Misbahus Sudur yang berlokasi di Dusun Aeng Nyunok, Desa Banyupelle, Kecamatan Palenggaan, Pamekasan, Madura.

Tiap hari, puluhan siswa madrasah ini, belajar di ruang berdinding anyaman bambu, dengan kondisi atap serta lantai yang jauh dari kata layak. Namun demikian, mereka tetap semangat belajar, meski dengan duduk lesehan di lantai.

Menurut pengakuan salah seorang siswa, kondisi bangunan yang tak layak ini, makin parah jika musim penghujan tiba, atap dan dinding yang bolong, membuat air hujan menembus ke dalam kelas, dan tentunya mengganggu proses belajar dan mengajar.

Jumlah ruang kelas di lembaga pendidikan yang berdiri pada 1986 ini, ada lima ruang, dan satu di antaranya digunakan ruang guru dan kepala sekolah. Praktis empat ruang tersisa, tidak bisa menampung 119 siswa yang ada. kurangnya kelas, membuat siswa terpaksa menempati bangunan yang mulai rapuh ini, demikian seperti ditayangkan pada program Fokus, Rabu, 25 September 2019.

Meskipun proses belajar dilakukan dalam kondisi serba keterbatasan, lembaga swasta yang di bawah naungan Kementerian Agama ini, tetap menggratiskan semua biaya pendidikannya.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 27 September 2019, 15:57 WIB

Video Terkait

Spotlights