VIDEO: Festival Jungle Tracking Semeru Kenalkan Keanekaragaman Hayati

VIDEO: Festival Jungle Tracking Semeru Kenalkan Keanekaragaman Hayati

Bertempat di blok hutan Ranu Darungan, Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang atau sisi selatan Gunung Semeru. Festival Jungle Tracking Semeru digelar oleh Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Puluhan tim yang berasal dari kalangan pelajar, mahasiswa dan para peneliti dari berbagai kota di Indonesia, melakukan jelajah hutan di kawasan konservasi itu. Dalam kegiatan tersebut, peserta berjalan sekitar 2 km, menelusuri kawasan hutan konservasi.

Sembari melakukan identifikasi, terhadap sejumlah flora atau tanaman khas Gunung Semeru. Baik dari sisi spesies, atau jenis, hingga golongan atau famili tumbuhan.

Selain untuk mengenalkan aneka flora di Gunung Semeru, festival ini diharapkan mampu menumbuhkan kepedulian generasi muda dalam melestarikan alam, khususnya tanaman endemik asli Indonesia.

Sedikitnya 500 jenis tanaman, mulai dari tanaman semak belukar, kayu hutan, pinang, hingga bunga diteliti oleh para peserta. Bahkan untuk jenis bunga anggrek saja, di kawasan Gunung Semeru ini saja terdapat 148 jenis. 40 jenis di antaranya, merupakan tanaman langkah dan dilindungi, seperti anggrek malacius corpore dan anggrek macodes tentola.

Menurut Tony Artaka, Kepala Resort PTN Ranu Darungan, masyarakat harus mengenal keragaman hayati yang ada di Indonesia. Hal ini agar waspada terhadap masuknya jenis-jenis asing dari luar yang dapat mengancam kelestarian tanaman lokal.

Kegiatan Festival Jungle Tracking Semeru tersebut disambut antusias peserta, selain memberikan pengalaman baru, mereka juga bisa melihat sejumlah flora langkah di alam bebas. Peserta Festival Jungle Tracking yang berhasil melakukan identifikasi terhadap 50 flora saja, akan mendapatkan hadiah dan penghargaan langsung dari panitia. Demikian diberitakan Liputan6, Selasa, 1 Oktober 2019.

Yuk tonton video-nya

Ringkasan

Oleh Didi N pada 02 October 2019, 14:25 WIB

Video Terkait

Spotlights