VIDEO: Petani Lamongan Gagal Panen Akibat Serangan Hama Tikus

VIDEO: Petani Lamongan Gagal Panen Akibat Serangan Hama Tikus

Hama tikus yang menyerang tanaman jagung, milik para petani yang terjadi di Dusun Randutawang, Desa Supenuh, Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan.

Hama tikus merusak seluruh tanaman jagung sejak dua pekan terakhir. Seluruh tanaman jagung yang sebetulnya siap panen ini, kini mengalami kerusakan parah. Selain bagian jagung terkelupas, tongkol buah jagung juga dimakan hama tikus. Berikut seperti dilansir Liputan6, 1 Oktober 2019.

Para petani mengaku serangan hama tikus ini merata, serangan hama tikus membuat rugi petani belasan juta rupiah per hektarnya. Karena dipastikan mengalami gagal panen. Tanaman jagung yang sebelumnya siap panen ini, membuat petani rugi.

Menurut Darkun, petani jagung, per hektar lihat kondisi sekarang kerugiannya Rp 10 -- 15 juta. Sedangkan kalau kondisi normal bisa mendapatkan Rp 25 juta per hektar, dan harapannya dari pemerintah untuk bisa mendapatkan bibit unggul serta ada penanggulangan hama tikus saat menjelang panen.

Para petani hanya bisa pasrah dan berharap kepada pemerintah setempat untuk mencari solusi menangani hama tikus yang terjadi tahun ini. Hal ini agar pada tahun mendatang tidak terjadi serangan hama tikus kembali.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 02 October 2019, 18:00 WIB

Video Terkait

Spotlights