Sukses

5 Prestasi Tri Rismaharini Kelola Surabaya hingga Dapat Gelar Doktor Honoris Causa

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak mengenal Tri Rismaharini? Perempuan pertama yang menjabat sebagai Wali Kota Surabaya ini merupakan salah satu kepala daerah yang kerap mencuri perhatian publik. Risma dikenal sebagai sosok yang tegas serta membawa Surabaya menjadi kota dengan taman yang indah.

Bukan hanya taman, Risma juga berhasil menutup gang Dolly, sebuah kawasan prostitusi di Surabaya. Wanita kelahiran Kediri, 20 November 1961 ini juga memiliki ciri khas lugas dalam memimpin, tanpa pikir panjang, ia selalu terjun ke lapangan.

Berkat kerja kerasnya, ia berhasil mengubah wajah Surabaya menjadi seindah dan sebersih saat ini. Risma juga dinilai sukses menjabat sebagai Wali Kota Surabaya selama dua periode.

Tak hanya itu, Risma juga memiliki segudang prestasi selama memimpin Kota Surabaya, baik untuk individu maupun untuk Kota Surabaya sendiri. Berikut 5 prestasi Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (2/10/2019).

2 dari 6 halaman

1. Kota Surabaya meraih Piala Adipura berturut-turut

Di bawah kepemimpinan Tri Rismaharini, Kota Surabaya berhasil meraih tujuh kali Piala Adipura secara berturut-turut sejak tahun 2011 sampai dengan 2017 dalam kategori kota metropolitan.

Piala Adipura diberikan untuk kota-kota di Indonesia yang berhasil menjaga kebersihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan. Pencapaian Risma dalam Piala Adipura ini memasuki puncaknya di tahun 2016 yang berhasil menyabet Adipura Paripurna.

3 dari 6 halaman

2. Masuk dalam 10 wanita paling inspiratif 2013 hingga dapat Ideal Mother Awards

Selain mewakili kota Surabaya, Risma tercatat beberapa kali mendapat penghargaan individu. Bahkan pada 2013, ia sempat masuk majalah Forbes dalam kategori 10 perempuan inspiratif di dunia.

Setahun setelahnya, Risma menyabet penghargaan Mayor of the Month sebagai Wali Kota Terbaik. Tak hanya itu, Risma juga pernah menyandang penghargaan Ideal Mother Awards dari Islamic Educational Scientific and Cultural Organization (ISESCO) di tahun 2016.

4 dari 6 halaman

3. Mendapat Penghargaan Innovative City of the Future di London

Pada 2014 Tri Rismaharini pernah mendaptkan penghargaan bergengsi dari London Summit Leaders, dalam kategori nnovative City of the Future. Saat itu, Surabaya jadi satu-satunya kota perwakilan dari Indonesia.

Masuk nominasi 10 wanita paling inspiratif 2013 versi Majalah Forbes pada tahun 2013. Wali Kota Risma juga pernah pernah meraih penghargaan Ideal Mother Award dari Islamic Educational Scientific and Cultural Organization (ISESCO) di tahun 2016.

5 dari 6 halaman

4. Menerima Penghargaan Bung Hatta Anti-Corruption Award

Tri Rismaharini dikenal sebagai sosok yang tegas melawan tindakan korupsi. Berkat kerja kerasnya melawan korupsi, ia mendapatkan penghargaan Bung Hatta Anti-Corruption Award 2015.

Pada saat menjabat sebagai Kepala Bagian Bina Program Pembangunan Kota Surabaya, ia mengeluarkan terobosan e-procurement atau lelang pengadaan barang elektronik. Lelang tersebut berjalan secara transparan tanpa adanya gratifikasi.

6 dari 6 halaman

5. Mendapat Gelar Doktor Honoris Causa

Baru-baru ini Wali Kota Risma mendapat gelar Doktor Honoris Causa dari Tongmyong University, Busan, Korea Selatan. Gelar kehormatan tersebut adalah bentuk penghargaan atas profesionalisme dan dedikasi Walikota Risma dalam bidang aristektur.

Gelar Doktor Honoris Causa ini merupakan kedua kalinya didapatkan dari kampus berbeda. Sebelumnya gelar Doktor Honoris Causa diberikan oleh Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya pada 2015.

Loading
Artikel Selanjutnya
Mahasiswa Unair Bikin Produk Kecantikan dari Racikan Nusantara
Artikel Selanjutnya
Dinas Pendidikan Jawa Timur Dampingi Sekolah Terkait USBN