VIDEO: Gubernur Khofifah Kunjungi 40 Pengungsi Jatim Korban Rusuh Wamena

VIDEO: Gubernur Khofifah Kunjungi 40 Pengungsi Jatim Korban Rusuh Wamena

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menemui 40 warga Jawa Timur (Jatim) pengungsi kerusuhan Wamena Papua, di Asrama Transito, Jalan Margorejo Surabaya.

Selain memberi santunan bingkisan, Khofifah Indar Parawansa dengan sabar menerima keluhan pengungsi, serta memfasilitasi pemulangan mereka ke daerah asal di Jawa Timur.

Sementara itu, korban kerusuhan Wamena Papua asal Kabupaten Sampang, Senin siang tiba di kampung halamannya. Pemerintah setempat menanggung seluruh biaya hingga mereka sampai ke rumah masing-masing.

Setelah tiba di pengungsian Asrama Transito, Margorejo Surabaya, 40 pengungsi warga Jatim, yang jadi korban kerusuhan di Wamena, Papua, Minggu sore dikunjungi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Gubernur memberikan santunan, serta bingkisan, untuk bekal pulang ke kampung halamannya. Mengingat para pengungsi ini tak dapat menyelamatkan harta bendanya, dan hanya membawa pakaian yang melekat di tubuhnya.

Selain itu Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga memfasilitasi kendaraan untuk pemulangan para pengungsi ke daerahnya masing-masing, seperti ke Madura, Lumajang dan Mojokerto, Jawa Timur.

Dua pesawat Hercules sudah berangkat menuju Wamena untuk menjemput warga Jawa Timur, yang saat ini sudah mengungsi di Bandara Wamena dan Jayapura. Hal ini seperti diberitakan program Fokus, 1 Oktober 2019.

24 warga asal Kabupaten Sampang yang menjadi korban kerusuhan di Wamena Papua, Senin siang tiba di Sampang Madura Jawa Timur. Mereka dikumpulkan di aula Dinas Sosial Sampang, untuk didata sebelum dipulangkan ke kampung halamannya masing-masing. Beberapa warga yang dalam kondisi sakit langsung mendapatkan pengobatan tim medis RSUD Sampang. Salah satu pengungsi mengatakan, dirinya bersyukur bisa selamat dari situasi mencekam.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 03 October 2019, 05:00 WIB

Video Terkait

Spotlights