VIDEO: Mahasiswa Kelautan ITS Surabaya Gelar Lomba Robot Bawah Air

VIDEO: Mahasiswa Kelautan ITS Surabaya Gelar Lomba Robot Bawah Air

Meluncur dan membawa ring ke garis finish, seperti inilah perlombaan robot bawah air yang diikuti oleh siswa tingkat menengah atas dari berbagai daerah di Jawa Timur. Kriteria perlombaan sendiri yakni untuk mencapai garis finish.

Sejumlah rintangan disiapkan untuk menghadang, tantangan bagi peserta yakni membawa ring dengan robot di bawah air, hingga ditaruhnya ke sebuah tempat di garis finish.

Berbagai kesiapan dilakukan oleh para peserta sebelumnya. Mulai dari merakit robot, memberi dinamo hingga memberi kamera yang bisa dilihat di dalam air, dengan pilot menghadap ke belakang, dan memantau langsung dengan monitor.

Ketua Panitia, Muhammad Amril,mengatakan, kegiatan ini meningkatkan kecintaan pada dunia maritim, dan pengenalan teknologi bawah air. Penilaian dari kontes robot yakni semua robot bawah air harus melewati rintangan, yang telah disediakan panitia dengan membawa ring di robotnya dan ditaruh di dekat garis finish.

"URC (Underwater Robotic Competition) yang merupakan rangkaian dari OCEANO, yaitu Ocean Engineering Exhibition and Competition yang merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh mahasiswa Teknik Kelautan ITS Surabaya, dengan tujuan untuk mengenalkan teknologi robot bawah air bagi siswa SMA dan SMK, serta untuk mengembangkan minat dan bakat mereka," ujar dia.

Kontes ini diikuti oleh 28 tim, terdiri dari 8 sekolah di Jawa Timur dan pemenang dari kontes ini akan diikutkan ke jenjang nasional, bahkan hingga tingkat internasional. Ajang tahunan yang digelar mahasiswa Kelautan Institut Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya tersebut bertujuan untuk mengasah kreativitas siswa SMA.

Berikut video liputannya dalam program Fokus, Selasa 1 Oktober 2019, yuk simak videonya.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 03 October 2019, 12:00 WIB

Video Terkait

Spotlights