Sukses

Pemkot Surabaya Siap Tanami Bibit Mangrove di Lahan Seluas 75 Hektar

Penanaman bibit mangrove yang dilakukan pemerintah kota Surabaya untuk mencegah terjadi tsunami.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan terus mengalakkan penanaman termasuk penanaman bibit mangrove di lahan seluas 75 hektar di kawasan pantai timur di Kelurahan Keputih, Jawa Timur. Penanaman bibit mangrove untuk mencegah terjadi tsunami.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya, Erna Purnawati menuturkan, pihaknya akan terus menggalakkan penanaman, termasuk penanaman bibit mangrove yang salah satu fungsinya untuk mencegah terjadinya tsunami.

"75 hektare itu luar biasa luasnya, sehingga kami terus percepat penanamannya di Keputih," ujar dia dilansir Antara, ditulis Kamis (3/10/2019).

Dia menuturkan, pihaknya saat ini sudah memanfaatkan lahan di mini agrowisata di area kantor DKPP Surabaya untuk melakukan pertanian terpadu dan urban farming. Di samping itu, ia mengaku terus menggalakkan penyuluhan dan pembagian bibit, seperti bibit lombok dan berbagai bibit lainnya.

Apalagi, lanjut dia, sekarang di Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) ada program smart kampung, sehingga semakin banyak warga yang meminta bibit ke DKPP yang dibagikan secara gratis.

Erna menuturkan, di Mini Agrowisata itu, terdapat berbagai sayuran, buah-buahan, udang dan berbagai jenis ikan. Pemkot Surabaya telah melakukan panen raya sayur-sayuran, buah-buahan dan udang serta ikan pada Selasa, 1 Oktober 2019. Warga Kota Surabaya pun diperkenankan untuk ikut memanen dan merasakan sensasi memetik sayuran sendiri.

Awalnya, Erna mengaku telah memanen Udang Vaname yang besar-besar karena usianya sudah tiga bulan. Kemudian, dia memanen sayuran, golden melon dan ikan. Ia memastikan, panen semacam itu rutin dilakukan setiap tiga bulan sekali.

"Tiga bulan sekali itu pasti panen. Sekali panen macam-macam, baik sayur dan buah-buahan," ujar Erna yang juga Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pematusan Bimanarga Kota Surabaya ini.

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertanian Terpadu

Menurut Erna, hasil panen itu tidak boleh dijual oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, sehingga bisa dipakai sendiri dan dibagikan kepada warga secara gratis. Makanya, dia sengaja mengajak masyarakat untuk merasakan sendiri sensasi memetik sayuran dan buah-buahan sendiri.

"Karena berbeda dengan ketika beli di pasar atau di mini market," kata dia.

Bagi Erna, pertanian terpadu semacam itu sangat penting bagi DKPP karena untuk memberikan contoh kepada warga Kota Surabaya. Selama ini, jajarannya selalu rutin mengadakan penyuluhan, pelatihan dan membagikan bibit sayur-sayuran dan buah-buahan, sehingga ia juga merasa penting di kantornya menanam hal serupa.

"Kita sering mengadakan penyuluhan dan juga membagikan bibit serta pelatihannya untuk urban farming, nah paling tidak di kantor kita juga bisa prakteknya seperti apa. Kita ngajari orang tapi di kantor kita juga tidak ada contohnya, kan tidak mungkin seperti itu," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.