Sukses

9 Tempat Wisata Pilihan di Pesisir Pantai Lamongan, Yuk Jelajahi

Liputan6.com, Jakarta - Ada sembilan tempat wisata pilihan yang membentang dari ujung paling timur Kabupaten Lamongan Jawa Timur hingga ke ujung barat.

Paket wisata yang kompit, mencakup segala yang dibutuhkan oleh para pelancong dari dalam maupun luar daerah. Dari mulai wisata pantai, kuliner hingga reliji.

Letaknya yang strategis, yakni berada di bagian tengah Jawa Timur utara, membuat sembilan wisata di persisir pantai Lamongan Jatim ini banyak diminati pengunjung. Selain itu, ditambah dengan akses jalan yang semakin membaik serta harganya yang menjangkau kocek siapa saja.

Sembilan tempat wisata pilihan ini berada di lokasi yang saling berdekatan satu sama lain. Sehingga cocok jika Anda ingin menghabiskan waktu sekitar tiga hari untuk mengunjungi semua paket wisata yang tersedia di tempat ini. Penginapan, tempat beli oleh-oleh, hingga tempat nongkrong yang ciamik semua tersedia di sini. Jadi Anda tak perlu khawatir lagi mengenai fasilitas penunjang kebutuhan pariwisata.

Untuk menjangkau lokasi ini, Anda bisa menempuh dua jalur sekaligus, yakni jalur darat dan jalur laut. Jalur laut sudah tersedia menyusul telah tersedianya pelabuhan kapan penumpang yang menghubungkan Desa Paciran Kabupaten Lamongan dengan Pulau Bewean Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Lewat darat tentu lebih mudah lagi, Anda tinggal gas motor atau mobil melaju di jalan yang cukup baik untuk dilalui. Baik dari arah barat, selatan, maupun timur. Jika ditempuh lewat Surabaya, hanya butuh waktu sekitar 2,5 jam saja menggunakan kendaraan pribadi. Meskipun angkutan umum pun telah tersedia, yakni bis PO Armada Sakti yang melayani rute Surabaya-Lamongan via Gresik.

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berikut 9 Tempat Wisata Pilihan Itu

1.Wisata Bahari Lamongan (WBL)

Inilah tempat yang paling dekat dengan Sunset Coffee Shop. Hanya butuh waktu sekitar 5 menit berjalan kaki. Jadi, jika sudah berada di tempat ini, WBL menjadi rekomendasi utama untuk dikunjungi. WBL sendiri merupakan wisata berbasis laut terbesar di Jawa Timur.

2. Maharani Zoo & Goa

Lupakan konsep kebun binatang yang membosankan. Bagi pecinta hewan, Maharani Zoo & Goa adalah rumah hewan yang ramah pada tamu-tamunya. Tampilannya yang teduh dan tertata, membuat kita lupa Pantura punya sinar matahari lumayan garang.

Sebetulnya tempat wisata ini tergolong baru di Lamongan. Namun, karena memang ditata apik dan menyenangkan, maka tak perlu pakai waktu lama, untuk membuat Maharani Zoo ramai dikunjungi wisatawan. Mau liburan penuh, dari pagi sampai tutup di WBL? Ada tiket terusannya kok.

3. Ziarah Sunan Drajat

Tempat ini merupakan destinasi wisata reliji terbesar di wilayah pesisir Lamongan. Banyak pengunjung dari luar daerah yang berziarah, mendoakan Wali yang telah berjasa menyebarkan agama Islam sekaligus memajukan masyarakat, di daerah Lamongan dan sekitarnya. Berhubung jaraknya hanya sekira 4 km dari Tanjung Kodok, tak ada salahnya mereguk secangkir kopi di sini setelah berziarah.

4. Ziarah Sunan Sendang Duwur

Komplek pemakanan Sunan Sendang Duwur atau Sunan Annurrahmat ini berada di dataran paling tinggi di pesisir Lamongan. Lokasinya di perbukitan kapur, menjanjikan panorama eksotik gunung kapur, di sepanjang jalan menuju Desa Sendang Duwur. Tempat ini jelas punya pemandangan sangat indah. Dari tempat ini, Anda bisa berziarah sekaligus menikmati keindahan laut dari ketinggian.

 

3 dari 4 halaman

5. Es Dawet dan Rujak Khas Paciran

Di Jalan Gresi-Tuba, arah barat dari Cafe Sunset, tepatnya di Desa Paciran. Di bibir jalan sepanjang 1 km, penjual es dawet dan rujak khas Desa Paciran siap menyambut Anda dengan cita rasa yang nikmat. Selain itu, mereka juga menyediakan beberapa oleh-oleh khas seperti jumbrek, siwalan, legen, dan gula jawa warna putih yang tidak ada di tempat lain.

6. Pantai Pasir Putih Delegan

Jika Anda menempuh perjalanan dari Surabaya menuju WBL, tempat ini berada sisi kanan. Berlokasi di Desa Delegan Rejodadi, Delegan, Campurejo, Kec. Panceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Meski berbeda Kabupaten dengan WBL yang berada di Lamongan, tapi  tempat ini masih sederet di Jalan Daendels Lamongan-Surabaya.

7. Pantai Lorena Paciran

Berada tepat di sebelah barat Tanjung Kodok Beach Resort, Anda bisa ke tempat ini dengan berjalan kaki atau sambil berlari di pagi. Di tempat ini, Anda bisa bersantai sambil menikmati deburan ombak dan hembusan angin dengan pemandangan yang memukau.

8. Masjid Al Abrar, Makam Syekh Maulana Isyhaq

Majid ini menjadi pelengkap rentetan wisata reliji Anda di pesisir utara Lamongan. Lokasi masjid ini berada di kawan Pemakaman Syekh Maulana Ishaq. Tempatnya tepat di bibir pantai, dengan area parkir yang cukup luas, serta pemandangan laut yang memukau, mungkin ini salah satu lokasi pemakanan wali yang paling indah sebab menyuguhkan suasana laut secara langsung.

9. Pemandian Air Panas Brumbun

Mungkin ini tempat satu-satu di Lamongan yang menyediakan pemandian air hangat. Sampai di lokasi, Anda akan menikmati rimbunnya pepohonan yang mengitari sumber air hangat tersebut. Suasananya masih sangat alami, belum banyak sentuhan manusia, namun fasilitas macam tempat ganti pakaian, kamar mandi, tempat makan dan kopi sudah tersedia.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
BPOM Ungkap 96 Kasus Peredaran Kosmetik Ilegal hingga November 2019
Artikel Selanjutnya
Sikap PWNU soal Imbauan MUI Jatim Tak Ucapkan Salam Lintas Agama