Sukses

5 Desa Wisata di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi, Pemandangannya Menakjubkan

Desa Wisata di Jawa Timur memiliki spot selfie yang Instagramable.

Liputan6.com, Jakarta Destinasi wisata di Indonesia memang sudah terkenal hingga mancanegara. Baik itu wisata alam, budaya, sejarah dan lain sebagainya. Salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan destinasi wisata adalah provinsi Jawa Timur.

Provinsi di ujung timur pulau Jawa ini memiliki banyak destinasi wisata yang unik dan menarik. Salah satu destinasinya di Jawa Timur adalah desa wisata.

Desa wisata adalah destinasi wisata berbasis desa yang menyuguhkan keunikan budaya, keindahan alam dan bahkan dapat berinteraksi dengan warga setempat. Desa wisata biasanya menyediakan beberapa objek wisata dalam satu desa yang dapat dinikmati oleh wisatawan.

Kehadiran desa wisata ini tentu membawa dampak baik bagi perekonomian warga desa. Jika kamu berkunjung ke Jawa Timur, tidak ada salahnya menjelajahi desa wisata yang ada di sana.

Menikmati keindahan alam desa, menyaksikan adat budaya tradisional dan bahkan berbaur dengan warga desa, dapat menjadi alternatif untuk melupakan sejenak penatnya rutinitas. Berikut 5 desa wisata Jawa Timur yang sudah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (4/10/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Desa Guwoterus, Tuban

Desa Guwoterus merupakan sebuah desa wisata yang berada di Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban. Desa ini menyajikan berbagai atraksi wisata edukasi dan offroad.

Selain itu di Desa Guwoterus juga terdapat berbagai objek wisata alam, seperti Goa Putri Asih, Air Terjun Ngelirip dan Sumber Air Krawak.

3 dari 6 halaman

2. Desa Tamansari, Banyuwangi

Salah satu desa wisata yang sudah populer di Banyuwangi adalah Desa Tamansari yang terletak di Kecamatan Licin. Desa ini merupakan termasuk salah satu tempat persinggahan untuk menuju wisata alam populer yakni Kawah Ijen.

Banyak objek wisata yang disuguhkan oleh desa ini seperti Kampung Susu, Kampung Bunga, dan hutan pinus. Bagi kamu penikmat kopi juga dapat menyaksikan produksi kopi khas dari desa ini. Tak hanya itu, kamu juga bisa membelinya untuk dinikmati kapanpun.

4 dari 6 halaman

3. Desa Kemiren Osing, Banyuwangi

Desa Kemiren Osing di Banyuwangi menawarkan wisata budaya yang sangat unik dan menarik. Desa Kemiren dihuni masyarakat suku Osing yang merupakan keturunan dari Kerajaan Blambangan.

Banyak budaya dan tradisi unik yang bisa kamu saksikan di desa sini. Salah satunya adalah tradisi Gedhongan atau menumbuk dengan alat tradisional yang dilakukan oleh para wanita. Saat digunakan, alat tumbuk tradisional tersebut akan menimbulkan suara atau musik yang enak didengar.

5 dari 6 halaman

4. Kampung Kungkuk, Batu

Kampung Kungkuk adalah salah satu desa wisata di Kota Batu yang menyajikan suasana alam yang indah. Desa ini berada di Kecamatan Bumiaji, berjarak kurang lebih 6 km dari pusat Kota Batu.

Di desa ini kamu akan disuguhkan beberapa pilihan wisata seperti outbound, flying fox. Bahkan kamu juga dapat mencoba belajar di sekolah alam yang memberikan edukasi mengenai bercocok tanam.

6 dari 6 halaman

5. Desa Pujon Kidul, Malang

Desa Pujon Kidul adalah salah satu desa wisata yang terletak di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Di Desa Pujon Kidul kamu akan disuguhkan dengan nuansa pedesaan dan dapat membeli oleh-oleh khas desa ini.

Selain itu kamu juga dapat berburu foto Instagramable di area Kafe Sawah yang juga menyuguhkan pemandangan sawah dengan makanan khas pedesaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.