Sukses

Bikin Merinding, Ini 7 Potret Isi Museum Kematian di Surabaya

Belajar tentang kematian dengan berkunjung ke Museum Kematian di Surabaya.

Liputan6.com, Jakarta Jika kamu berkunjung ke museum, biasanya akan menemukan berbagai karya seni, benda-benda kuno yang memiliki nilai sejarah atau cerita tentang perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah. Terdapat juga museum lainnya yang menampilkan barang-barang peninggalan akibat letusan gunung berapi, seperti Museum Merapi yang berada di Jogja.

Banyak orang yang datang ke museum untuk belajar tentang kebudayaan dari masyarakat setempat. Namun, berbeda dengan museum yang berada di Surabaya ini. Tak banyak yang tahu, di Surabaya terdapat Museum Etnografi atau yang lebih dikenal Museum Kematian.

Museum yang terletak di Universitas Airlangga ini mengusung tema kematian. Pada museum ini menampilkan tentang kajian kehidupan dan kebudayaan masyarakat Indonesia tentang kematian. Seperti tradisi-tradisi pemakaman, berbagai macam ritual adat dan benda-benda mistis yang populer di Indonesia.

Untuk mendukung suasana seram, saat kamu masuk ke dalam Museum Kematian akan diputarkan bunyi-bunyian seperti backsound film horor yang membuat bulu kudukmu merinding. Sehingga jika kamu ingin berkunjung ke museum ini harus persiapkan mental agar tidak takut.

Beberapa informasi mengenai kematian juga disajikan secara informatif dalam museum ini. Penasaran seperti apa menariknya Museum Kematian di Surabaya? Berikut potretnya yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (4/10/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Bagi yang ingin tahu tentang kematian, kamu bisa berkunjung ke Museum Kematian di Surabaya.

3 dari 8 halaman

2. Salah satu potret di Museum Kematian, menjelaskan tentang tradisi pemakaman yang ada di Bali.

4 dari 8 halaman

3. Informasi mengenai kematian juga disajikan secara informatif dalam museum ini.

5 dari 8 halaman

4. Museum Kematian ini menyajikan beberapa tradisi penguburan yang ada di Indonesia.

6 dari 8 halaman

5. Museum ini menyuguhkan bentuk-bentuk kuburan yang ada di Tanah Air.

7 dari 8 halaman

6. Informasi yang ada di museum ini dijamin bikin kamu lebih menghargai kehidupan.

8 dari 8 halaman

7. Apapun profesimu, jika meninggal nanti tetap saja menjadi tengkorak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini