Sukses

Daun Torbangun, Antara Obat dan Efek Samping

Tanaman Torbangun sejak lama digunakan masyarakat sebagai jamu tradisional untuk pengobatan berbagai penyakit seperti panas, batuk, bronkitis, radang tenggorokan, diare dan disentri.

Liputan6.com, Surabaya - Di Indonesia, hampir seluruh tanahnya menumbuhkan berbagai tanaman yang memberikan manfaat bagi kebutuhan pengobatan dan nutrisi manusia. Salah satunya yaitu Daun Torbangun (Coleus amboinicus).

Sebagian orang menyebutnya sebagai bangun-bangun atau daun jintan. Daun Torbangun memiliki tekstur licin dan tebal serta beraroma oregano atau mint.

Tanaman ini tersebar luas dan telah dikonsumsi harian untuk pengobatan dan makanan tambahan (suplemen) bagi sebagian masyarakat di Afrika, Asia, Australia dan Amerika Selatan. 

Tumbuhan yang mampu hidup sekitar 3-10 tahun tersebut, telah lama digunakan secara tradisional sebagai makanan, aditif pakan ternak, serta sebagai obat berbagai macam penyakit.

"Bahkan, para ibu di Sumatera Utara, wajib mengkomsumsi daun torbangun hingga 30 hari. Biasanya mereka memasak sebagai sup untuk merangsang ASI. Menurut kajian, daun torbangun lebih efektif dibandingkan laktagogum," ujar  Dr. Iwan Sahrial, dosen kedokteran hewan Universitas Airlangga, Surabaya, Jumat (4/10/2019). 

Selain itu, Daun Torbangun sejak lama digunakan masyarakat sebagai jamu tradisional untuk pengobatan berbagai penyakit seperti panas, batuk, bronkitis, radang tenggorokan, diare dan disentri.  

Di dalam tanaman Torbangun tersebut, juga ditemukan kandungan senyawa aktif yang berfungsi sebagai obat. Para peneliti dari berbagai universitas di dunia telah menemukan kandungan senyawa aktif seperti monoterpenoid, sesquiterpenoid, diterpenoid dan phenolic, 3 metil 4 isopropyl phenol, squalene, cariophyline, phytol, alkaloid, glycosid, flavonoid, quinon, tannin, phenol, dan terpenoid.

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Evaluasi Kekurangan

Melihat potensi tanaman Torbangun yang cukup potensial sebagai bahan obat, Iwan Sahrial bersama rekannya, Dr Rondius Solfaine, mengevaluasi kekurangan dari daun tersebut.

"Meskipun termasuk dalam obat Anti Inflamasi Non Steroid (AINS), Salah satu kekurangan dalam menggunakan bahan dari tanaman torbangun sebagai bahan obat yaitu adanya efek samping yang mampu menimbulkan gagal ginjal dan menimbulkan alergi," ujar dia.

Laki-laki yang menjabat sebagai Kepala Program Studi S1 Pendidikan Kedokteran Hewan PSDKU Unair di Banyuwangi tersebut, lanjut menjelaskan penelitiannya yang menambahkan cisplatin, atau obat pilihan dalam terapi kanker, sarkoma dan karsinoma, dalam ekstrak tanaman torbangun, untuk meminimalisir efek sampingnya.

Menggunakan tikus mencit sebagai subjek ujinya, Iwan bersama tim berhasil menghambat pembentukan gagal ginjal akibat penambahan cisplatin pada ekstrak tanaman torbangun.

"Hal tersebut ditunjukan oleh meningkatnya senyawa factor pertumbuhan (TGF) dengan diikuti penurunan konsentrasi kadar Alkalin pospatase, BUN dan kreatinin, ketiga senyawa tersebut merupakan parameter tes fungsi ginjal," ujar dia.

Dari hasil pengujian ekstrak daun torbangun, dosis yang paling efektif dalam menghambat kerusakan ginjal yaitu, pada dosis 100 mg/kg berat badan. Selain itu, ektrak tanaman torbangun (Coleus amboinicus) juga diperoleh dari daun segar yang disarikan dengan cara maserasi etanol 96 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.