Sukses

Sambut HUT ke-74 TNI, Warga Surabaya Serbu Wisata Edukasi Alutsista Tank Tempur

Liputan6.com, Surabaya - Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Tentara Nasional Indonesia (TNI) atau disebut HUT ke-74 TNI, nampak sejumlah alutsista berupa tank tempur terparkir rapi di halaman lapangan Markas Komando Daerah Militer (Makodam) V/ Brawijaya yang berlokasi di Jalan Raden Wijaya No 1 Surabaya,  Jumat, 4 Oktober 2019.

Kesempatan langkah menyabut HUT ke-74 TNI itu dimanfaatkan oleh warga Surabaya, sebagai sarana wisata edukasi kepada anak-anak maupun cucunya.

Salah satunya adalah Arip Purwanto, warga Sukomanunggal Surabaya, yang rela datang malam-malam bersama istri dan dua anaknya yaitu Kayla Noura Mahameru dan Bisma Abinaya Kumbolo.

"Setelah saya dapat info dari teman - teman, ada tank tempur di kodam, selepas pulang kerja, saya ajak istri dan anak - anak ke kodam," tutur pria yang bekerja sebagai karyawan swasta ini.

Pria pegiat pencinta alam ini tak lupa menyisipkan sedikit edukasi kepada anak - anaknya bahwa tank tempur ini merupakan sarana penunjang atau kendaraan perang yang digunakan oleh TNI guna menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Selain memberikan edukasi, kami juga berfoto - foto ria, mengabadikan momen tahunan ini," ujar pria yang juga mempunyai toko outdoor activity yang bernama Meru Adventure ini.

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alutsista

Sementara itu, Panglima Kodam V/ Brawijaya Mayor Jenderal TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi menuturkan, ada empat jenis alutsista modern yang bakal dipamerkan dalam acara HUT ke - 74 TNI, pada 5 Oktober 2019.

Mulai alutsista bergerak hingga senjata pelontar misil jarak jauh berkecepatan tinggi. Alutsista peluncur misil merupakan alutsista yang mampu menjangkau jarak hingga 300 kilometer. Seperti Multiple Launch Rocket System (MLRS) ASTROS (Artillery Saturation Rocket System) dari Avibras.

Menurut Panglima Kodam V/ Brawijaya Mayjen TNI Wisnu Prasetya Budi, alutsista terbaru itu dimililiki Divisi II Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad). "Roket MLRS Astros II itu armed. Jarak jangkaunya bisa 300 km, tapi kalau di sini cuma 80 km," tuturnya. 

Kemudian alutsista bergerak jenis tank tempur,  seperti, Main Battle Tank (MBT) jenis Tank Leopard 2 A6. Selain itu dalam pameran besok juga diperlihatkan jenis kendaraan Panser Anoa.Sedang amunisi rudal berkecepatan tinggi, seperti Rudal Starstreak, rudal tersebut merupakan rudal super cepat (high velocity missile).

"Starstreak masuk dalam short range air defence (SHORAD) komponennya terdiri dari radar control master 200, RAPID Ranger mobile weapon systems, dan Lightweight Multiple Launcher (LML)," ucapnya. 

"Peringatan HUT ke - 74 TNI besok, bakal dihadiri pejabat dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Jatim," ujar dia.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Sederat Kegiatan Meriahkan Surabaya pada 2020, Wajib Catat dan Kunjungi
Artikel Selanjutnya
Ingin Wisata Religi di Surabaya? Dua Pura Ini Dapat Jadi Pilihan