Sukses

Sambut HUT ke-74 TNI, Pameran Alutsista Digelar di Bumimoro Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - Garnisun Tetap (Gartap) III/Surabaya menggelar pameran alat utama sistem senjata (Alutsista) Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Lapangan Arafuru, Markas Komando Akademi Angkatan Laut, Bumimoro, Surabaya yang terbuka untuk masyarakat umum pada 6 Oktober.

Koordinator Umum Panitia Pameran Alutsista TNI yang juga Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut V Laksamana Pertama (Laksma) TNI Tedjo Sukmono menuturkan, pameran ini merupakan rangkaian kegiatan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 TNI atau HUT ke-74 TNI pada 2019.

"Besok rencananya dibuka oleh Komandon Garnizun Tetap III/Surabaya yang juga Panglima Komando Daerah Militer V Brawijaya Mayor Jenderal TNI R Wisnoe Prasetja Boedi bersama Panglima Komando Armada II Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto,” ujar dia dilansir Antara, Sabtu (5/10/2019).

Tedjo menuturkan, berbagai kendaraan tempur dan persenjataan TNI Angkatan Darat (AD), TNI Angkatan Laut (AL) dan TNI Angkatan Udara (AU) terbaru akan dipamerkan dalam pameran ini. Selain juga diramaikan dengan penampilan 100 stan pameran yang berasal dari 11 industri pertahanan nasional.

"Di antaranya TNI AD menampilkan peralatan tempur MLRS Astros, Tank Leopard, Panser Anoa, MMS, LMS, Panser Panhard, dan aneka senjata laran panjang dan pendek,” tutur dia.

Selain itu, TNI AL menampilkan Tank BMF-3F, Tank LVT 7, Tank Aligator, Radar Hughes, Truck Ahmad, Cheeta Kendaraan Jihandak, Meriam HOW 105 mm dan aneka senjata lainnya. Sedangkan TNI AU menampilkan aneka senjata serta berbagai miniature pesawat tempur.

"Tema pameran adala TNI Profesional Kebanggaraan Rakyat. Kami ingin menunjukkan berbagai Alutsista yang dimiliki oleh TNI saat ini dan merupakan momentum penting untuk menunjukkan peningkatan kemampuan dan modernisasi Alutsista sebagai bentuk pertanggungjawaban TNI kepada rakyat,” kata dia.

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gubernur Khofifah Ucapkan Selamat HUT ke-74 TNI

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengucapkan selamat ulang tahun kepada TNI lewat akun instagramnya @khofifah.ip.

"Dirgahayu ke-74 Tentara Nasional Indonesia. Jaya di darat, laut, dan udara. Semoga semakin professional dan terus menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia. Saya yakin TNI mampu menjadi kekuatan pertahanan negara yang kuat, kekuatan yang menjaga kedaulatan negara yang disegani serta kekuatan yang diperhitungkan oleh bangsa-bangsa lain di dunia," tulis Khofifah.

Ia pun mengapresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh prajurit TNI di seluruh tanah air atas kerja keras dalam setiap pelaksanaan tugas atas kerja professional menjaga keamanan dan kedaulatan bangsa di darat, laut dan udara. "Dirgahayu TNI, jadilah tentara rakyat dan tentara pejuang, yang dicintai dan mencintai rakyat. Dirgahayu ke-74 TNI," tulis dia.

"Ke depan harapan kita, TNI mampu menjadi penjaga gerbang cyber war bagi kedaulatan Indonesia," ia menambahkan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini