Sukses

Dekat Objek Vital Pemerintah, SPBU Ini Jadi Sorotan Anggota DPRD Surabaya

Adapun beberapa objek vital milik pemerintah yang lokasinya berdekatan dengan SPBU BP-AKR yakni gedung RRI, gedung DPRD Kota Surabaya dan Gedung Negara Grahadi.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah anggota Komisi A DPRD Surabaya persoalkan pembangunan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) BP-AKR di Jalan Pemuda Kota Surabaya, Jawa Timur, karena lokasinya berdekatan dengan objek vital nasional.

"SPBU ini dekat dengan objek-objek vital nasional, kekhawatiran kami adalah ketika ada demonstrasi lalu timbul kericuhan," kata Ketua Komisi A Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Kota Surabaya Pertiwi Ayu Krishna saat melakukan inspeksi di lokasi pembangunan SPBU BP-AKR di Surabaya, Senin (7/10/2019).

Adapun beberapa objek vital milik pemerintah yang lokasinya berdekatan dengan SPBU BP-AKR yakni gedung RRI, gedung DPRD Kota Surabaya dan Gedung Negara Grahadi, dilansir dari Antara.

Menurut Ayu, jika suatu ketika SPBU tersebut terjadi masalah atau ledakan, maka yang dikhawatirkan adalah adanya lemparan-lemparan benda-benda berbahaya yang dapat memicu ledakan dan bisa mengenai objek vital.

"Itu sangat membahayakan. Nanti kalau sudah kejadian kita yang akan disalahkan oleh pemerintah pusat," kata dia.

Terkait mekanisme aturannya, Ayu mengaku seluruh izin dan analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) lengkap. Namun, pembangunan SPBU BP-AKR di Jalan Pemuda Kota Surabaya yang masih dalam tahap awal ini masih harus ditindaklanjuti.

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah DPRD

Untuk itu, politikus Partai Golkar ini akan menelusuri izin pembangunan SPBU serta melakukan pemanggilan kepada pihak Pemkot Surabaya dan kontraktor secepat mungkin untuk duduk bersama.

"Kita tidak sekadar melakukan sidak. Pompa bensin ini dekat dengan objek vital nasional dan kenapa pemkot bisa mengeluarkan izin tersebut," ujar dia.

Hal serupa disampaikan anggota Komisi A lainnya, Arief Fathoni yang juga mengikuti inspeksi. Menurutnya, selain persoalan SPBU yang letaknya berada dekat dengan objek vital, ia menilai SPBU ini akan membuat kemacetan baru di Jalan Pemuda.

"Kendaraan kalau mau masuk ke SPBU langsung menekuk, begitu juga dengan keluarnya mengambil separuh jalan untuk kembali beraktivitas," katanya.

Oleh sebab itu, Arif Fathoni meminta kepada Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya untuk meninjau kembali izin amdal lalu lintas. Jika, kata dia, Dishub Surabaya tidak segera melakukan peninjuan ulang maka akan menimbulkan kemacetan baru di kawasan tengah kota.

"Bagi saya ini anomali, di saat wali kota membangun dan mempercantik trotoar, namun di sisi lain ada dinas-dinas memberi izin yang sifatnya sangat kontradiktif dengan apa yang dikehendaki dengan ibu wali kota," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.