Sukses

LIVE STREAMING:PELANTIKAN PRESIDEN JOKOWI & WAPRES MA'RUF AMIN

VIDEO: Kapal Cepat Tanpa Awak Karya Mahasiswa ITS Surabaya Siap Berkompetisi

Liputan6.com, Jakarta - Inovasi teknologi kembali ditorehkan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Kapal cepat tak berawak, karya mahasiswa ITS Surabaya, Kamis siang 3 Oktober 2019, dilakukan tes perlintasan di danau kawasan kampus tersebut.

Tiga kapal, yakni kapal otomatis tanpa awak, kapal full mesin atau engine, dan kapal remote control dilakukan uji coba. Berikut video liputannya pada Fokus, 4 Oktober 2019.

Kapal tanpa awak karya mahasiswa ITS, Kamis siang, diujicoba dengan melakukan tes perlintasan di danau kampus ITS Surabaya. Kapal tanpa awak yang akan mengikuti tes perlintasan ini ada 3, yakni kapal otomatis tanpa awak atau Nala Evo Mark IV, Arnesh, atau kapal full engine, yang dikendalikan dengan remote, dan sistemnya menggunakan bahan bakar. Serta kapal Baraccuda, atau kapal remote control dengan sistem baterai.

Di antara keunggulan Arnesh, atau kapal full engine berbahan bakar yang digerakkan dengan remote control ini adalah kecepatannya yang tinggi, dan bisa bermanuver sesuai dengan perlintasan yang dilaluinya.

Sedangkan kapal Nala Evo Mark IV ITS, adalah kapal yang memiliki stabilitas tinggi, hingga mampu beroperasi pada kondisi yang membutuhkan kestabilitasan tinggi. Salah satu contohnya, beroperasi di pantai berombak, dan mampu sampai di finish dalam waktu 20 detik.

Karya inovasi kapal cepat tak berawak ini, diharapkan bisa menumbuhkan dan mengembangkan kreativitas, dengan berbagai penemuan baru dari anak bangsa.