Sukses

5 Kuliner Pasuruan yang Wajib Dicoba, Kelezatannya Menggoda

Liputan6.com, Jakarta Kelezatan kuliner Nusantara memang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Banyak pecinta kuliner dari berbagai negara yang datang ke Indonesia untuk berburu kuliner di berbagai daerah di Tanah Air.

Sebagian besar daerah di Indonesia memiliki kuliner dengan cita rasa khasnya tersendiri yang menjadikannya sebagi incaran para pemburu kuliner. Salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki beragam kuliner lezat adalah Jawa Timur.

Beragam kuliner lezat di Jawa Timur sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari pariwisata setempat. Hal ini menjadi nilai tambah dari keberlangsungan pariwisata tersebut. Salah satu kabupaten di Jawa Timur yang menyuguhkan berbagai kuliner dengan kelezatan yang menggoda adalah Pasuruan. Banyak pecinta kuliner baik domestik maupun mancanegara yang terpikat dengan kelezatan kuliner di Pasuruan.

Bagi kamu yang berkunjung atau berwisata ke Pasuruan jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas yang ada di wilayah ini. Cita rasa yang khas akan menggoyang lidahmu dan pastinya bikin nagih. Berikut 5 kuliner lezat Pasuruan yang dirangkum Liputan6.com dari berbagi sumber, Rabu (9/10/2019).

2 dari 6 halaman

1. Soto Gondrong

Soto Gondrong yang berada di jalan Tanjung Arum, Pasuruan ini buka mulai pukul 09.00 pagi. Cita rasanya yang khas dengan bumbu perpaduan rempah-rempah akan membuat lidahmu bergoyang. Pilihan lauknya pun cukup beragam, seperti telur, tempe, dan aneka gorengan. Harganya cukup terjangkau sekitar 12.500 rupiah per porsi.

Soto Gondrong memiliki tempat yang cukup besar dan suasana nyaman. Menikmati sajian kuliner yang lezat ditemani taman kecil di sekitarnya akan membuatmu ingin kembali lagi ke tempat ini. Wisata kuliner Soto Gondrong cocok untuk makan bersama teman maupun keluarga.

 

3 dari 6 halaman

2. Nasi Punel Hj. Lin

Nasi Punel Hj. Lin yang berada di jalan Dr. Soetomo, Gempeng, Bangil ini buka mulai pukul 06.30 pagi hingga 20.00 malam. Meski tempatnya sederhana, namun nasi punel ini sangat populer di Pasuruan. Jika kamu ingin makan kenyang dengan biaya terjangkau, datang ke sini adalah pilihan yang tepat.

Porsinya melimpah dengan pilihan lauk yang beragam, seperti ayam, daging, paru, jeroan, sate kerang, dan yang lainnya. Rasanya tentu saja lezat dan bikin nagih. Seporsi nasi punel dengan daging empal harganya hanya sekitar 20.000 rupiah saja.

4 dari 6 halaman

3. Rawon Sakinah

Rawon adalah masakan khas Jawa Timur yang sudah terkenal di masyarakat Indonesia. Masakan berkuah hitam dengan aroma yang khas memiliki cita rasa yang tentu saja nikmat.

Rawon Sakinah berada di Jalan Kartini Bangilan. Rawon ini disajikan dengan sambal perpaduan dari cabe dan bawang, serta tauge pendek yang memberi rasa manis dan gurih.

Beberapa bumbu yang diracik dalam seporsi rawon seperti kluwek, kemiri, daun jeruk daun salam, sereh, bawang merah memberi cita rasa yang menggugah selera. Rawon Sakinah ini benar-benar nikmat sehingga menjadi favorit bagi banyak pecinta kuliner. Rahasia kenikmatannya adalah pada bumbu rempah yang khas dan dipadukan dengan santan.

5 dari 6 halaman

4. Kupang Lontong Pak Coboy

Kupang Lontong Pak Coboy berada di daerah Pandaan. Seporsi kupang lontong terdiri dari lontong, tahu, lentho dan juga siraman kuah sedap dengan rebusan kupang yang gurih.

Bumbunya cukup sederhana, berupa campuran cabai, gula pasir, bawang putih, perasan jeruk nipis, dan petis. Keunikan kupang lontong ini yaitu lentho yang disajikan diremas terlebih dahulu. Rasanya makin nikmat dengan siraman kuah sedapnya yang tentunya menggugah selera.

6 dari 6 halaman

5. Kepiting Cak Gundul 1992

Menu kepiting di Cak Gundul 1992 dihargai berdasarkan berat kepiting. Jenis King Crab harganya dipatok sekitar 30.000 rupiah per ons. Terdapat juga kepiting yang super jumbo hingga fulljumbo. Meskipun harganya cukup mahal, tempat makan ini tidak pernah sepi pengunjung.

Selain menu kepiting di tempat makan ini juga menyediakan menu lainnya seperti olahan ikan, udang, hingga sayuran. Kepiting yang disajikan berukuran cukup besar, jadi tak heran jika pengunjung bisa menghabiskan hingga ratusan ribu di sini. Namun, jangan khawatir kelezatan yang disajikan di sini benar-benar akan memanjakan lidahmu.

Loading
Artikel Selanjutnya
1.490 Tim Gabungan TNI-Polri Amankan Pilkades 2019 di Kabupaten Pasuruan
Artikel Selanjutnya
Polres Pasuruan Raih Penghargaan dari Kementerian PANRB