Sukses

92 Orang Pengidap Baru HIV/AIDS di Madiun pada 2019

Ini tentu sangat memprihatinkan, karena tiap tahun temuan HIV/AIDS di Kabupaten Madiun terus meningkat.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Kabupaten Madiun, Jawa Timur mencatat sebanyak 92 orang di wilayah itu sebagai pengidap baru HIV sepanjang 2019 ini, dengan 27 orang di antaranya sudah mengidap AIDS.

"Ini tentu sangat memprihatinkan, karena tiap tahun temuan HIV/AIDS di Kabupaten Madiun terus meningkat," ujar Sekretaris KPAD Kabupaten Madiun Lenny D. Ambarsari kepada wartawan di Madiun, Kamis 10 Oktober 2019.

Menurut dia, temuan pengidap HIV/AIDS di Kabupaten Madiun seperti fenomena gunung es. Hanya permukaannya yang terlihat, sementara jika ditelusuri lebih jauh, jumlah yang ditemukan lebih banyak, dilansir dari Antara.

"Kalau diakumulasikan terdapat sebanyak 773 penderita HIV/AIDS di Kabupaten Madiun secara keseluruhan," Kata dia.

Bahkan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur pernah menyebut di Kabupaten Madiun diduga ada sekitar 1.400 orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

"Jumlah yang lebih besar itu karena tidak sedikit dari mereka masih merasa malu untuk memeriksakan penyakit yang dideritanya," kata Lenny.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penderita Terbanyak ada di Kecamatan Jiwan Madiun

Adapun sesuai pemetaan, wilayah di Kabupaten Madiun yang paling tinggi terjadi penularan HIV/AIDS terdapat di Kecamatan Jiwan. Di wilayah tersebut banyak ditemui warung remang-remang, sehingga rawan terjadinya penularan HIV/ AIDS karena diduga menjadi lokalisasi prostitusi terselubung.

Di Kecamatan Jiwan juga terdapat bekas Lokalisasi Gude yang telah ditutup pemerintah daerah. Selain itu, ditengarai banyak pekerja seks komersial (PSK) bekas penghuni lokalisasi tersebut yang telah dipulangkan ke daerah asal kembali ke Madiun dan menjual jasa prostitusi terselubung.

"Selain itu, pasangan homoseksual juga rentan terkena penyakit tersebut. Sampai saat ini, tercatat ada 16 kasus HIV/AIDS karena faktor homoseksual," katanya.

Dari jumlah tersebut, 12 ODHA di antaranya merupakan waria. Kini, KPAD Madiun intensif melakukan sosialisasi di kalangan kelompok-kelompok yang memiliki risiko tinggi tertular HIV/AIDS.

Selain itu, tambah Lenny, KPAD juga sering melakukan kegiatan voluntary counselling and testing (VCT) secara mobile di tempat para perisiko tinggi tersebut.

"Nantinya jika ditemukan ada yang positif terkena HIV/AIDS, akan segera diobati dan diedukasi untuk berperilaku yang benar agar tidak menularkan HIV/AIDS ke orang lain," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.