Sukses

LIVE STREAMING:PELANTIKAN PRESIDEN JOKOWI & WAPRES MA'RUF AMIN

VIDEO: BBKSDA Jatim Pantau Buaya Muara di Sungai Bengawan Solo Lamongan

Liputan6.com, Jakarta - Kemunculan buaya muara di sepanjang Sungai Bengawan Solo tepatnya di Desa Konang, Kecamatan Glagah, Kabupaten Lamongan beberapa hari ini, ditanggapi Nandang Prihadi, Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur.

Kemunculan buaya tersebut, hal yang wajar karena habitat aslinya memang di muara sepanjang Bengawan Solo. Namun demikian, meski buaya itu terkesan diam dan tak berbahaya, Nandang Prihadi mengimbau warga tidak mendekat lokasi kemunculan hewan buas tersebut.

Dr. Nandang Prihadi, Kepala BBKSDA Jatim mengatakan, BPBD dan Dinas Perikanan telah melihat ke lokasi dan telah memasang himbauan kepada masyarakat termasuk dari BBKSDA agar tidak mengganggu keberadaan buaya tersebut, karena memang lokasi tersebut habitat mereka, di palung yang banyak makanannya serta diimbau warga berhati-hati dalam beraktivitas di sekitar lokasi tersebut.

Sebelumnya, warga desa setempat tetap beraktivitas seperti biasa, di lokasi kemunculan buaya muara. Bahkan beberapa warga mencari ikan menggunakan perahu, dengan jaring atau memancing.

Hal itu mereka lakukan lantaran akses sungai itu, biasanya digunakan warga untuk melakukan aktivitas, yaitu berangkat ke sawah maupun untuk mencari ikan di tempat yang lainya. Warga menganggap kemunculan buaya tidak membahayakan.

Saat ini tim dari BBKSDA Jatim sudah melakukan peninjauan dan pengawasan terhadap buaya di sekitar lokasi, untuk memastikan pergerakan hewan buas tersebut. Demikian diberitakan program Fokus, 10 Oktober 2019.