Sukses

VIDEO: Fotografi Miniatur Figur Masih Langka di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Di Indonesia, hobi seni fotografi unik yakni seperti fotografer yang memotret mainan miniatur figur, atau semacam obyek boneka mini dengan setting latar belakang lokasi yang juga minatur, bisa dibilang masih langka.

Seni fotografi obyek mini jika dipotret hasilnya seperti suasana kehidupan nyata alias sungguhan, tersebut kini mulai gencar dikenalkan. penasaran ? Berikut liputannya untuk Anda, Jumat, 11 Oktober 2019.

Adalah Cak Soekir, fotografer warga Surabaya ini menekuni fotografi dengan obyek mini. Dirinya terinspirasi dari seorang fotografer Jepang pada tahun 2004 lalu, yang juga suka memotret obyek miniatur mini.

Dirinya mendapat kepuasan tersendiri jika berhasil memotret obyek dengan latar belakang ini terkesan hidup. Kebanyakan obyek foto merupakan benda mati, baik berupa miniatur figur manusia, rumah, barang, mobil, taman kota, dan lain-lain.

Penikmat fotografi diajak ke memori masa kecil suka mainan mini. Siapa pun bisa memotret bahkan dengan kamera handphone dengan mengutamakan konsep sang fotografer.

Melalui hobi ini, kita seolah diajak kembali ke memori waktu kecil dulu yang suka bermain mainan boneka kecil atau kartun bongkar pasang. Cak Soekir dengan hobinya yang digeluti sejak 3 tahun lalu ini, dirinya menjadi Ketua Komunitas Indonesia Miniatur Figur Community (IMFC). Dalam komunitas ini mereka bisa berburu atau hunting foto miniatur bersama, berbagi foto, dan melakukan pameran foto bersama.

Obyek miniatur figur atau karakter ini kebanyakan diimpor dari Jerman, karena buatan Indonesia sendiri masih langka, dan koleksinya belum banyak. Harga produk miniatur impor ini antara Rp 200 ribu, Rp 300 ribu, hingga Rp 1 juta tergantung bentuk dan kerumitan figur miniatur.