Sukses

Hari Jadi ke-74 Jawa Timur, Ribuan Orang Hadiri Pesta Rakyat dan Kuliner

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan orang dari sejumlah daerah menghadiri pesta rakyat dalam rangka Hari Jadi Ke-74 Provinsi Jawa Timur (Jatim) di depan Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Minggu malam (13/10/2019).

Salah seorang pengunjung, Prasetyo, yang datang bersama keluarganya mengaku sudah merencanakan sejak jauh hari untuk mendatangi pesta rakyat.

"Sejak diumumkan beberapa waktu lalu, saya sudah niat datang ke sini, sekalian makan-makan dan jalan-jalan,” ujar pria asal Kabupaten Sidoarjo tersebut dilansir Antara.

Pengunjung lainnya, Junianto, bersama putranya mengaku sejak pukul 16.00 WIB sudah datang dan harus menunggu sekitar dua jam sebelum kuliner gratis dibuka.

"Tapi tidak apa-apa, di sini juga sekalian duduk santai sambil menikmati jalan raya yang ditutup total. Jarang-jarang bisa duduk di trotoar jalan raya,” ujar dia.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa tepat pukul 20.00 WIB menandai pembukaan pesta rakyat serta memotong tumpeng sebagai bentuk rasa syukur di Hari Jadi Ke-74 Tahun Jatim.

"Mari selalu jaga persaudaraan, jaga persatuan dan kesatuan agar Jatim selalu aman serta damai,” kata gubernur perempuan pertama di Jatim itu.

Pada kesempatan tersebut, Khofifah didampingi Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak beserta istrinya Arumi Bachsin, lalu Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, serta sejumlah anggota DPRD Jawa Timur.

Di panggung hiburan, dijadwalkan tampil sejumlah penyanyi papan atas nasional, yaitu Eva Celia, KLa Project dan grup musik rock God Bless. Di saat sama juga ditampilkan video mapping dengan latar Gedung Grahadi disertai sinaran laser dan kembang api.

2 dari 3 halaman

Eva Celia Gantikan Tompi

Penyanyi jazz  Eva Celia menggantikan Tompi yang semula direncanakan tampil saat pesta rakyat di Gedung Negara Grahadi Surabaya karena masih berada di Jepang yang pada Sabtu, 12 Oktober 2019 terjadi badai topan.

"Benar, Mas Tompi masih di Jepang dan beliau konfirmasi mohon maaf karena belum bisa terbang akibat topan," ujar Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Jatim Aries Agung Paewai ketika dikonfirmasi di Surabaya, Minggu sore.

Di Jepang terjadi Topan Hagabis pada Sabtu, 12 Oktober 2019 yang menurut badan penyiaran umum Jepang NHK berakibat timbulnya sejumlah korban jiwa dan puluhan orang lainnya harus mendapat perawatan intensif.

Tompi akan tampil bersama KLa Project dan God Bless dalam rangka Hari Jadi Ke-74 Provinsi Jawa Timur Tahun 2019. Menurut Aries, pihaknya memaklumi kondisi yang terjadi dan menilai bukan masalah besar karena sudah disiapkan pengganti sesama penyanyi jazz, Eva Celia, yang juga putri Indra Lesmana hasil pernikahannya dengan Sophia Latjuba.

"Kami sudah dikabari oleh Mas Tompi langsung dan sangat menyesal karena tidak bisa tampil di hadapan ribuan warga Jatim," ucapnya.

Selain penampilan Eva Celia dan hiburan sejumlah grup musik, pada pesta rakyat juga disediakan 50 ribu porsi kuliner menu khas Jatim gratis untuk pengunjung yang digelar di sepanjang Jalan Gubernur Suryo Surabaya.

"Agar tertib, setiap pengunjung kami beri gelang sebagai penanda untuk mendapatkan kuliner gratis di setiap pintu masuk," ucapnya.

Selain itu, pengamanan ekstra juga dilakukan di empat titik pintu masuk, bahkan kepada pengunjung yang diindikasikan berbau alkohol dan membawa senjata tajam maka tidak diperbolehkan masuk.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Menko Luhut Ingin Konsultan RI Dapat Evaluasi Kereta Jakarta-Surabaya
Artikel Selanjutnya
Pelaku Industri Tekstil Bakal Pindahkan Pabrik ke Jateng dan Jatim