Sukses

VIDEO: Festival Gandrung Sewu 2019, Daya Tarik Wisatawan dari Blambangan

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar 1.300 lebih Penari Gandrung ramaikan gelaran Festival Gandrung Sewu 2019 di Pantai Boom, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu sore 12 Oktober 2019. Secara serentak ribuan penari gandrung dari kalangan pelajar menarikan tarian khas Suku Osing ini dengan gemulai.

Selain untuk mengenalkan Tari Gandrung ke mata dunia, Pagelaran Tari Kolosal ini juga bertujuan untuk melestarikan budaya lokal agar tak tergerus perkembangan zaman. Berikut video liputannya pada program Fokus, 14 Oktober 2019.

Diawali dengan sajian teatrikal mengarak penari gandrung cilik, gelaran Festival Gandrung Sewu 2019, langsung memukau seluruh penonton yang memadati kawasan Pantai Boom, Banyuwangi, Sabtu sore 12 Oktober 2019.

Gerakan tari dari penari gandrung cilik yang gemulai ini, tak kalah hebatnya dengan penari gandrung yang profesional. Bibit-bibit penari gandrung ini menari di hamparan pasir pantai yang berhadapan langsung dengan Selat Bali.

Festival Gandrung Sewu tahun ini kembali digelar, mengambil tema Panji-Panji Sunangkoro. Diikuti ribuan penari gandrung dari kalangan pelajar tingkat SMP hingga SMA.

Gandrung Sewu selalu tampil istimewa dengan mengisahkan Perjuangan Rakyat Blambangan. Tema Panji-Panji Sunangkoro ini menggambarkan kegigihan perlawanan prajurit pahlawan Rempeg Jogopati melawan Penjajah Belanda. Selain untuk melestarikan Tarian Gandrung, festival ini juga untuk mengingat sejarah perlawanan nenek moyang dalam mengusir penjajah.

Festival Gandrung Sewu ini rutin digelar setiap tahunnya. Tahun ini menjadi tahun ke-8 Festival Tari Gandrung Sewu. Tari Gandrung sendiri adalah tari khas masyarakat Banyuwangi yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya Indonesia bukan benda, oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.