Sukses

VIDEO: Incar HP, Polisi Gadungan di Pasuruan Tipu Pasangan ABG

Liputan6.com, Jakarta - Tim Buser Polres Pasuruan Kota mengamankan polisi gadungan, yang sering memperdayai ABG pacaran di pelabuhan setempat. Untuk melancarkan aksinya, pelaku berpura-pura melakukan razia sambil mengancam, lalu merampas telepon genggam targetnya.

Berakhir sudah petualangan pelaku AN, sebagai polisi gadungan yang meresahkan warga di Kota Pasuruan. Bersama seorang temannya YS, ia akhirnya digelandang ke Mapolres Pasuruan Kota, karena laporan tindak pidana perampasan dan penadahan. Pemuda berbadan tegap dan berambut cepak ini, kerap menyaru sebagai anggota polisi yang sedang melakukan razia di pelabuhan Kota Pasuruan. Berikut video liputannya pada Fokus, 14 Oktober 2019.

Modusnya, pelaku menghampiri sejumlah pasangan ABG yang sedang berpacaran di pelabuhan dan mengancam akan dibawa ke kantor polisi. Pelaku lalu menyita telepon genggam milik korban, dengan alasan sebagai jaminan dan nanti bisa diambil di Mapolsek setempat. Seluruh barang rampasan selanjutnya dijual kepada tersangka YS.

Terbongkarnya kasus ini, berawal saat sejumlah korban mendatangi Mapolsek Purworejo, untuk mengambil telepon genggamnya yang disita pelaku. Pihak Polsek pun kaget dan bekerja sama dengan Satreskrim Polres Pasuruan Kota untuk menyelidiki kasus ini dan akhirnya menangkap pelaku.

Akibat ulahnya AN dikenai Pasal Perampasan, sedangkan YS terjerat Pasal Penadahan KUHP.  Mereka kini harus mendekam di sel tahanan Mapolres Pasuruan Kota, untuk proses penyidikan lebih lanjut.