Sukses

Pemkab Lamongan Keruk 49 Embung dan Sungai

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan, Jawa Timur anggarkan Rp 5,6 miliar untuk pengerukan sungai dan embung.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan, Jawa Timur memanfaatkan musim kemarau panjang di wilayah itu dengan mengeruk 41 embung dan 8 sungai. Total anggaran pengerukan itu Rp 5,6 miliar, untuk menjaga kapasitas tampungnya tetap optimal.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Lamongan, Agus Hendrawan menuturkan, selain itu pengerukkan sebagai antisipasi pendangkalan, sehingga jika tidak dilakukan dikhawatirkan tidak mampu lagi menampung air saat musim penghujan dan bisa menyebabkan banjir.

Terkait anggaran, kata dia, anggaran sebesar Rp 5,6 miliar dibagi Rp 4,6 miliar untuk pengerukan embung, sisanya untuk pengerukan sungai. Ia menyebutkan, embung desa yang dikeruk di antaranya Embung Tlogoanyar Lamongan, Embung Desa Kedungsoko dan Embung Desa Tunggunjagir Kecamatan Mantup, serta Embung Desa Datinawong, Kecamatan Babat.

Sedangkan di Kecamatan Tikung ada tujuh embung yang akan dikeruk, yakni Embung Banaran, Embung Langkir, Embung Takeran, Embung Kemendung, Embung Leboyo dan Embung Pilanggot serta Embung Mojoranu.

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagian Utara

Untuk wilayah Utara, kata dia, ada Embung Desa Tunggul Kecamatan Paciran, dan Telaga Dusun Sekaran. Sedangkan untuk sungai yang dikeruk meliputi sungai Kalipatih, Balongputih, Platukan dan Kawistolegi, Sumosari serta Mertani di Kecamatan Karanggeneng. Kemudian untuk Kecamatan Kalitengah meliputi Sungai Mungli dan Tunjungmekar.

Agus mengatakan, dengan adanya pengerukan ini juga dapat membantu para petani untuk irigasi pertanian, dan diharapkan dapat menampung air saat musim hujan. Sehingga bisa dimanfaatkan sebagai irigasi untuk pertanian.

Sedangkan hingga 10 Oktober 2019, kondisi 44 waduk dan embung di Lamongan volumenya tinggal 1 persen, atau dari total kapasitas 112.785.371 meter kubik saat ini menyisakan 1.367.766 meter kubik.

Waduk yang masih menyisakan air adalah Waduk Gondang di Kecamatan Sugio tersisa 1.150.753 meter kubik, dari kapasitas maksimal 19.909.752 meter kubik. Waduk Jajong di Kecamatan Laren hanya tersisa 100 ribu meter kubik dari kapasitas maksimal 951.600 meter kubik. Sedangkan Waduk Prijetan di Kecamatan Kedungpring dari kapasitas maksimal 5.644.752 meter kubik tinggal tersisa 116.973 meter kubik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.