Sukses

Pemutakhiran Data Masyarakat Berpenghasilan Rendah di Surabaya Selesai Pekan Depan

Pemkot Surabaya sedang melakukan pemutakhiran data MBR agar program bantuan PBI tepat sasaran.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota Surabaya memastikan pemutakhiran data masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) selesai pekan depan. Hal ini salah satu acuan intervensi bantuan bagi penerima Jaminan Kesehatan Nasional, Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) kategori Penerima Bantuan Iuran (PBI) pusat rampung pekan depan.

"Rencananya Senin 21 Oktober akan ditandatangani. Nanti bisa dilihat data MBR terdiri dari berapa KK (kepala keluarga), dari KK itu juga dilihat berapa umur produktif, yang bekerja berapa," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Surabaya Ery Cahyadi di Surabaya, Rabu, 16 Oktober 2019, demikian mengutip Antara.

Pemkot Surabaya sedang melakukan pemutakhiran data MBR agar program bantuan PBI tepat sasaran. Ia berharap, dengan data tersebut, warga yang tergolong mampu tidak masuk data MBR.

"Dari APBN ini juga sedang melakukan verifikasi, dia juga mengurangi jumlahnya. Tapi saya selalu sampaikan kalau orang itu terdaftar warga Surabaya dan ber-KTP Surabaya, nanti akan dikaver menggunakan APBD pemkot," kata dia.

Ia mengatakan, data MBR di Surabaya sebelumnya 799.540 jiwa atau 325.226 KK. Dari dasar data itu, pemkot memberikan beberapa intervensi bantuan kepada warga.

Namun, menurut dia, catatan di Surabaya, ternyata warga yang mendapat penghargaan PBI pusat juga masuk data itu, sehingga jumlah MBR di Surabaya terlihat banyak. Adapun yang dimaksud warga yang mendapat penghargaan PBI adalah takmir masjid, kader kesehatan, kader lingkungan, hingga pekerja tambal ban.

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tepat Sasaran

Untuk itu, pihaknya melakukan pemutakhiran data MBR mulai tingkat kelurahan, kecamatan, dan selanjutnya di-"approval" di Dinas Sosial (Dinsos) Surabaya, sehingga nantinya warga yang mendapat penghargaan PBI tidak lagi masuk daftar MBR. Dia mengharapkan hasil pemutakhiran data tersebut, membuat warga yang terdaftar MBR tepat sasaran.

"Dari jumlah 325.226 KK tersebut, yang sedang kita lakukan pemutakhiran data," kata dia.

Ia menuturkan, selama ini masyarakat melihat data warga MBR di Surabaya begitu banyak karena mereka melihat berdasarkan hitungan jiwa, bukan KK. Seharusnya, keluarga miskin tidak dilihat dari jiwa (orang), akan tetapi KK.

Jika pendapatan dalam satu KK dibuat pengeluaran dan sisanya tidak lebih dari Rp 400 ribu, lanjut dia, maka warga tersebut bisa masuk dalam data MBR.

"Itu yang selama ini masyarakat menilainya, sehingga jumlah MBR di Surabaya terlihat banyak," kata dia.

Namun demikian, ketika warga itu terdaftar dalam data MBR tapi ternyata mampu, mereka bisa membuat pernyataan agar dikeluarkan dari daftar data MBR. Oleh karena itu, Eri memastikan,Pemkot Surabaya bakal membuat surat keputusan daftar data orang-orang yang masuk MBR.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.