Sukses

VIDEO: Gas Keluar dari Sumur di Ngawi

Liputan6.com, Jakarta - Di desa Ngompro, Kecamatan Pangkur, Ngawi, sumur yang biasa digunakan untuk irigasi sawah, tiba-tiba mengeluarkan gas mudah terbakar.

Fenomena ini sempat menarik warga untuk melihatnya, agar tidak membahayakan, warga sengaja memasang pipa panjang untuk pembatas. Karena banyak anak-anak dan warga lainnya yang datang ke lokasi. Berikut videonya pada program Fokus, 16 Oktober 2019.

Menurut pemilik sumur, di lokasi ini banyak sumur warga yang mengeluarkan gas mudah terbakar. Awalnya warga mendengar suara gemuruh, kemudian bau menyengat, saat disulut api langsung terbakar. Sampai sekarang di area sawah di sekitar lokasi, belum bisa ditanam padi. Karena tanah yang keluar bukan air, melainkan gas.

"Awal mulanya, saya mau menanam padi, mau menyalakan diesel, setelah diesel menyala tapi tidak keluar air, tiba-tiba ada suara gemuruh dan bau gas. Saya penasaran dan saya nyalakan kemudian keluar api, sampai sekarang ini belum mati, jadi kami tidak bisa menanam padi, karena tidak ada air," tutur Joko Nurdiyanto, pemilik sumur.

Mengantisipasi kebakaran, petani yang berada di lokasi, memotong padinya, meski belum saatnya panen. Akibatnya petani merugi, saat ini kekeringan tengah melanda Ngawi, ratusan hektar lahan pertanian di kota ini mengering, akibat kurangnya pasokan air.