Sukses

Kalahkan 15 Negara, Unair Raih Medali Emas Berkat Teknologi Paliatif Pasien HIV/AIDS

Mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya membuat Med Buddies, aplikasi ini untuk membantu pengobatan paliatif pasien HIV/AIDS.

Liputan6.com, Surabaya - Tim dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST) dan Fakultas Keperawatan (FKP) Universitas Airlangga (Unair) berhasil meraih medali emas di ajang Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA) menyelenggarakan The 2nd World Invention Technology Expo (WINTEX) pada 9-12 Oktober 2019.

Delegasi Universitas Airlangga bersaing dengan inventor-inventor muda dari 15 negara, termasuk Thailand, Filipina, Mesir, India, Polandia, Arab Saudi, Kanada, dan Amerika Serikat.

Tim tersebut beranggotakan Najibullah Ulul Albab (FST 2016), Hendriyani Ogivano (FST 2016), Rizki Jian Utami (FKP 2016), Rohmatul Habibah (FKP 2016), dan Asih Parama Anindhita (FKP 2016).  Para mahasiswa itu mengkompetisikan aplikasi buatan mereka, Med Buddies.

"Kami membuat Med Buddies, aplikasi ini untuk membantu pengobatan paliatif pasien HIV/AIDS," tutur Ketua Tim, Ulul Albab, Jumat (18/10/2019). 

"Seringkali teman-teman penderita HIV/AIDS tidak minum obat secara rutin. Aplikasi ini membantu teman-teman penderita menjadwalkan minum obat teratur," terangnya. 

Selain membantu pasien HIV/AIDS minum obat dengan rutin, Med Buddies juga dapat mendaftarkan caretaker pasien. Umumnya caretaker meliputi keluarga, teman dekat, perawat, atau LSM terkait sehingga fungsi pendampingan pasien dapat dimaksimalkan.

Fungsi pendampingan penting agar pasien memiliki pendamping saat melakukan Patuh Minum Obat ARV (antiretroviral obat infeksi HIV, Red). Selain itu, dengan kehadiran pendamping, pasien tidak kesepian.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Inspirasi Pembuatan Med Buddies

Ulul Albab mengaku, inspirasi pembuatan Med Buddies berangkat dari teman perawat yang menjalankan residensi di RSUD Dr. Soetomo. Perawat residen kesulitan melacak tindakan medis yang telah dilakukan, terlebih pada pasien yang melakukan perawatan di rumah. 

Dari masalah tersebut, tim menggali ide dan membuat abstrak untuk di-submit. Brainstorming dilakukan berulang kali untuk menemukan ide pokok masalah. Kemudian, tim mencarikan solusi teknologi aplikatif untuk membantu pendampingan pasien HIV/AIDS. Oleh karena itu dibuatlah Med Buddies.

Tim berharap, ke depan Med Buddies dapat dikembangkan dengan menyediakan caretaker. Kolaborasi dengan LSM diperlukan untuk mewujudkan hal itu. Selain itu, diharapkan Med Buddies juga dapat digunakan untuk menunjang pendampingan perawatan penyakit paliatif selain HIV/AIDS.

 

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.