Sukses

5 Oleh-Oleh Unik Khas Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - Sehabis berlibur ke Kota Pahlawan, tak ada salahnya membelikan oleh-oleh untuk orang tersayang. Banyak pilihan buah tangan yang bisa Anda temukan di Surabaya.

Sebagai kota tujuan wisatawan, banyak tempat oleh-oleh yang bisa dikunjungi. Jenis oleh-oleh yang ditawarkan Surabaya pun beragam.  Tak hanya makanan, Surabaya juga memiliki oleh-oleh berupa barang yang unik dan cocok untuk diberikan pada orang tersayang dan bisa juga untuk rekan kerja serta sahabat Anda.

Beberapa barang tersebut memiliki makna khusus terkait Kota Pahlawan. Barang itu mulai dari miniatur, penutup kepala, dan lainnya. Berikut ini lima barang unik yang bisa dijadikan oleh-oleh setelah berlibur di Surabaya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

1. Udeng Suroboyo 

Udeng Suroboyo disebut juga dengan Udeng Poteh Poncot Miring. Udeng adalah ciri khas penutup kepala bermotif batik khususnya untuk laki-laki di Jawa Timur.

Udeng ini dapat menjadi oleh-oleh khas yang memiliki makna mendalam. Melansir informasi dari akun Instagram @surabayasparkling, dua layar di belakang udeng memiliki makna seorang Cak Surabaya harus tegas dan tidak menyimpan unek-unek. Sedangkan segitiga di depan udeng menggambarkan seorang Cak harus memiliki tujuan hidup dan berpandang lurus ke depan. 

2. Miniatur Ikon Buaya 

Salah satu ikon Kota Surabaya adalah patung sura dan buaya. Bahkan landmark ini menjadi destinasi wajib setiap wisatawan saat mengunjungi Surabaya

Di Surabaya, souvenir miniatur ikon tersebut dapat dijadikan pilihan oleh-oleh. Miniatur yang sangat menggambarkan Surabaya ini dapat dijadikan pajangan atau penghias ruangan.  Model dari miniatur ini pun bermacam-macam. Ada yang bening layaknya kaca, ada juga diwarna seperti patung aslinya. 

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 3 halaman

Kain Batik Khas Surabaya

3. Batik Khas Surabaya

Batik sudah menjadi oleh-oleh umum dari Tanah Air. Walau begitu, kain batik di Surabaya memiliki motifnya tersendiri yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Beberapa kain batik yang dijual di Kota Pahlawan ini memiliki corak yang menggambarkan Surabaya. Mulai dari pemilihan warna hingga motifnya, sangat menunjukan karakter Kota Surabaya. 

Batik khas Surabaya mengangkat ornamen spesifik Surabaya dan Jawa Timur, seperti ayam bekisar, daun semanggi, bentuk suro dan boyo, dan motif sedap malam. 

Di Surabaya juga terkenal dengan batik mangrove. Tak hanya bermotive mangrove, batik ini juga menggunakan tumbuhan mangrove sebagai pewarna alaminya.

4. Kerajinan Daun Kering

Siapa sangka sebuah daun juga dapat dijadikan oleh-oleh loh! Di Surabaya terdapat UKM yang aktif mengolah daun kering menjadi produk unik yaitu UKM Bengkel Kriya Daun 9996. 

Dun kering diolah sedemikian rupa hingga menjadi handicraft cantic. Kerjinan tangan berbahan daun kering itu bisa berbentuk tempat tissue, tutup lampu, atau box serba guna. 

Harga dari produk ini pun beragam. Untuk tutup lampu dan tempat tissue, Anda harus membayar Rp. 55.000. Sedangkan untuk mendapatkan box tabung, Anda cukup membayar Rp. 25.000. 

5. Kaca Pyrex

Bila biasnya kita menemukan pahatan kayu, di Surabaya terdapat oleh-oleh kerajinan pahatan kaca.  Kerajinan ini dapat dijadikan koleksi atau penghias meja. 

Kerajinan Kaca Pyrex menggunakan bahan pahatan kaca bernama Pyrex Borosilicate. Bila sudah melalui proses pahatan, kerajinan ini dapat menyerupai banyak bentuk. Anda bisa menemukan kerajinan kaca pyrex dengan berbagai bentuk seperti rusa, kuda, dan lain-lain.

(Kezia Priscilla - Mahasiswi UMN)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
BPOM Ungkap 96 Kasus Peredaran Kosmetik Ilegal hingga November 2019
Artikel Selanjutnya
Sikap PWNU soal Imbauan MUI Jatim Tak Ucapkan Salam Lintas Agama