Sukses

VIDEO: Polres Gresik Pakai Water Cannon Berikan Bantuan Air Bersih

Liputan6.com, Jakarta - Prihatin dengan kesulitan air bersih yang melanda sejumlah wilayah di Gresik, Jawa Timur, hampir 7 bulan, aparat polres setempat membagi puluhan ribu liter air bersih kepada warga. Menariknya, droping air bersih kali ini menggunakan water cannon, yang biasa digunakan petugas untuk menghalau demonstran.

Water Cannon milik Polres Gresik Jawa Timur ini, bukan sedang bersiap untuk menghalau para demonstran. Namun, mobil ini membawa hingga 15 ribu liter air, yang akan dibagikan kepada warga di Desa Tumapel, Kecamatan Duduk Sampeyan, Gresik. Spontan, begitu datang ke perkampungan, warga langsung menyerbu water cannon itu.

Bukan hanya ibu-ibu, namun, nenek-nenek juga rela antri dengan jerigennya masing-masing, demi mendapatkan air bersih yang diberikan secara gratis.

Tina, salah satu warga Tumapel, mengaku sedih, karena sudah 7 bulan kesulitan air bersih. Saat ini tidak ada lagi air bersih, karena waduk, maupun embung tadah hujan, airnya mulai menyusut dan kotor tidak layak pakai.

Selama 7 bulan, warga setempat harus membeli air bersih untuk keperluan minum, mencuci dan mandi, yang harus merogoh uang Rp. 600 hingga Rp. 700 ribu per bulannya.

Selain mendistribrusikan air bersih menggunakan water cannon keliling kampung, petugas Polres Gresik, juga mengirim 7 mobil tangki berisi 35 ribu liter air.

Bantuan juga akan diberikan terutama di lokasi terparah dilanda kekeringan dan kesulitan air bersih, seperti Kecamatan Duduk Sampeyan, Cerme, Benjeng dan Balong Panggang. Di Gresik sendiri, 59 desa tersebar di 8 kecamatan hingga 7 bulan ini, mengalami kesulitan air bersih akibat kemarau panjang. Demikian diberitakan liputan6, 18 Oktober 2019.