Sukses

5 Wisata Alam di Ngawi, Sajikan Panorama Alam Indah

Liputan6.com, Jakarta Indonesia punya banyak destinasi wisata alam mengagumkan. Setiap daerah di nusantara memiliki destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu provinsi di Indonesia yang menjadi tujuan favorit para wisatawan adalah Jawa Timur. 

Jawa Timur terkenal kaya akan destinasi wisata alam yang indah dan mengagumkan. Wisata alam di Jawa Timur tidak hanya berada di Banyuwangi, Malang ataupun Madura, namun Kabupaten Ngawi juga menyimpan wisata alam yang indah.

Ngawi merupakan kabupaten yang terletak di ujung barat provinsi Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan propinsi Jawa Tengah. Karena letaknya di tengah-tengah daratan, membuat Ngawi mempunyai topografi berupa dataran tinggi dan memiliki pemandangan yang indah. Meski wisata alam Ngawi tidak sepopuler Malang dan Banyuwangi, namun tak boleh dipandang sebelah mata. Keindahan alamnya akan membuat siapa saja yang menyaksikannya menjadi terkagum-kagum.

Bagi kamu yang suka berwisata alam yang jauh dari keramaian, beberapa destinasi wisata alam tersembunyi di Ngawi patut untuk kamu kunjungi. Pemandangan yang indah dan suasana yang tenang sangat tepat untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari yang melelahkan.

Berikut beberapa destinasi wisata alam yang indah dan tersembunyi di Ngawi dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (21/10/2019).

2 dari 6 halaman

1. Air Terjun Pengantin

Kamu mungkin masih ingat dengan film yang dibintangi oleh artis Tamara Bleszynski berjudul Air Terjun Pengantin. Nah, siapa sangka kalau air terjun pengantin ini ternyata berada di Ngawi.

Air terjun ini tentu saja berbeda dengan yang diceritakan dalam film. Tak ada nuansa mencekam di Air Terjun Pengantin, yang ada hanyalah keindahan pemandangan yang menyejukkan mata.

Dinamakan Air Terjun Pengantin karena ada sepasang air terjun yang letaknya berdampingan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 12 meter. Wisata alam tersebut masih belum banyak dijamahi wisatawan.

Memang letaknya cukup tersembunyi di balik Perkebunan Teh Jamus. Tepatnya terletak di Dusun Besek, Desa Hargomulyo, Kecamatang Ngrambe.Untuk menuju Air Terjun Penganting membutuhkan waktu tempuh sekitar 3 jam dari pusat kota.

3 dari 6 halaman

2. Air Terjun Srambang

Air terjun Srambang terletak di Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo. Air terjun ini terletak tersembunyi di balik hutan pinus, sehingga suasanya terasa sangat sejuk, tenang dan masih asri. Untuk mencapai air terjun Srambang, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 25 Km dari pusat kota Ngawi.

Meski jalannya terjal dan berliku, kamu akan disuguhkan pemandangan hutan pinus yang indah.Perjalanan menuju air terjun ini membutuhkan usaha yang melelahkan tapi juga seru dan menyenangkan. Setelah tiba di lokasi air terjun, semua lelahmu akan terbayar dengan indahnya pemandangan air terjun Srambang.

4 dari 6 halaman

3. Air Terjun Teleng

Air Terjun Teleng berlokasi di Desa Ngrayudan, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi. Air terjun ini cukup tenang dengan panorama hijau yang mengelilinginya. Saat perjalanan menuju ke lokasi wisata ini, kamu akan melewati hutan pinus yang indah dan sejuk.

Tak hanya itu, kamu akan akan disuguhkan dengan suasana yang masih alami, tenang dan sejuk. Air Terjun Teleng mbisa dijadikan pilihan bagi kamu yang ingin berwisata ke tempat yang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan.

5 dari 6 halaman

4. Waduk Pondok

Ngawi memang tak memiliki wisata pantai karena letaknya yang berada di daerah dataran tinggi. Namun, Ngawi memiliki wisata alternatif buat kamu yang ingin berwisata air. Kamu bisa datang ke Waduk Pondok yang berada di Kecamatan Dampit. Jaraknya cukup dekat, hanya 6 Km dari pusat kota.

Di waduk ini, kamu akan disuguhkan dengan hamparan air dan perbukitan hijau yang memesona. Ada pula beberapa aktivitas menyenangkan yang bisa kamu lakukan di Waduk Pondok ini, seperti mengarungi kawasan danau dengan menggunakan perahu, bermain jetski hingga memancing.

Tempat ini juga cocok bagi kamu para penikmat senja, karena pemandangan senja di waduk ini sangat indah dan memesona.

6 dari 6 halaman

5. Perkebunan Teh Jamus

Kebun Teh Jamus terletak di Dusun Jamus, Desa Girikerto, Kecamatan Sine. Kebun teh ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda dan kini menjadi salah satu objek wisata andalan di Ngawi. Di wisata alam ini kamu bisa melihat pohon-pohon teh tua yang konon usianya sudah lebih dari seratus tahun.

Pohon teh tua ini berada di Bukit Borobudur, yaitu salah satu bagian kebun teh Jamus yang berundak-undak menyerupai bentuk candi Borobudur. Dari lokasi ini, kamu bisa menikmati hamparan pemandangan hijau Teh Jamus yang indah.

Selain menikmati agrowisata kebun teh yang menyejukkan mata, kamu juga bisa mencoba beberapa aktivitas seru, seperti flying fox, melihat proses pembuatan teh, hingga bermain air di Sumber Mata Air Lanang.

Setelah puas berkeliling dan mencoba beberapa aktivitas, kamu juga bisa membawa pulang teh rasa kopi khas Jamus untuk diseduh dan dinikmati di rumah ataupun sebagai oleh-oleh untuk kerabat terdekat.

Loading
Artikel Selanjutnya
Puluhan Rumah Rusak Akibat Angin Kencang di Ngawi
Artikel Selanjutnya
Perbaikan Taman Monumen Soerjo Ngawi Dapat Kucuran Dana Rp 4 miliar