Sukses

VIDEO: Daur Ulang Sampah di Surabaya Kurangi Beban TPA Hingga 50 Persen

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini, sampah selalu menjadi persoalan lingkungan sekitar kita, bahkan di seluruh dunia. Namun, di Surabaya, sampah rumah tangga tidak lagi menjadi masalah, karena Pemkot setempat mampu mengelola tumpukan sampah menjadi pupuk yang sangat berguna untuk taman kotanya.

Bahkan, sampah juga bisa diubah menjadi energi listrik. Berikut video liputannya pada Liputan6, 21 Oktober 2019. Tumpukan sampah di sudut-sudut kota selalu menjadi pemandangan sehari-hari di lingkungan kita.

Terutama sampah rumah tangga di kota besar seluruh dunia. Namun, hal ini mulai dapat diatasi oleh Pemerintah Kota Surabaya, yang memiliki unit khusus pengelola sampah limbah rumah tangga menjadi kompos dan energi listrik.

Salah satunya adalah di Pusat Daur Ulang di Kelurahan Jambangan Surabaya. Di tempat ini, setiap hari ada 5 hingga 6 ton limbah rumah tangga yang dipilah para pekerja. Limbah dipisahkan antara limbah organik dan limbah an-organik.

Sampah organik selanjutnya diolah menjadi pupuk kompos, sedang limbah an-organik, sebagian dijual, dan sebagian lagi diolah bersama sampah organik, menjadi energi listrik.

Setelah proses daur ulang, pupuk kompos bisa dimanfaatkan sebagai penyubur tanaman di lingkungan warga. Bahkan energi listrik sebesar 4.000 watt, yang  berasal dari 20 kilogram sampah, bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lingkungan warga.

Selain dapat mengubah sampah menjadi energi listrik dan memasok pupuk kompos untuk taman-taman kota Surabaya, daur ulang sampah ini juga dapat mengurangi beban sampah di TPA Benowo Surabaya hingga 50 persen.