Sukses

Intip Potret 3 Alat Canggih yang Bikin Surabaya Bersih

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melakukan banyak upaya agar warga dapat menggunakan jalan protokol dengan nyaman. Seiring berkembangnya teknologi, Pemkot memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada dalam melayani masyarakat.

Salah satu bentuk kepedulian Pemkot untuk jalan raya di Surabaya adalah dengan menyediakan mesin pembersih jalan. Teknologi yang digunakan dalam mesin ini dinilai lebih efektif dan efisien.

Selain membersihkan jalur lalu lintas, Pemkot juga menyediakan alat pembersih pedestarian. Alat ini dapat membuat jalur pejalan kaki lebih bersih dan nyaman. 

Kabag Humas Pemerintah Kota Surabaya, Febriadhitya Prajatara menuturkan, alat-alat tersebut masih aktif termasuk penyapu jalan. "Beroperasi di Jalan Margo Mulyo. Kalau mobil skywalker untuk pemangkasan ranting,” ujar Febriadhitya saat dihubungi Liputan6.com.

Berikut adalah sejumlah alat canggih bisa berupa truk, odong-odong untuk membersihkan Kota Surabaya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber: 

 

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

 

(Kezia Priscilla-Mahasiswa UMN)

2 dari 7 halaman

1. Ceksan Sweepers

Untuk mengantisipasi kebersihan kota, Pemkot Surabaya memiliki truk untuk menyapu jalan. Truk penyapu jalan itu bernama Ceksan Sweepers. 

Ceksan Sweepers bukanlah truk biasa. Melansir dari humas.surabaya.go.id, truk ini dilengkapi penyedot sampah yang kemudian dialirkan melalui pipa berdiameter cukup besar yang fleksibel. Untuk itu, sampah-sampah yang telah tertangkap, kemudian ditampung di sebuah bak yang ada di bagian belakang kabin truk. 

3 dari 7 halaman

Ada 5 Unit di Surabaya

Truk ini juga memiliki sapu berbahan logam atau metal di bagian depan dan tengah truk. Bentuk sapu ini menyerupai ijuk yang melingkar. 

Untuk saat ini, Ceksan Sweepers dioperasikan oleh Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya. Truk berwarna putih ini sudah ada lima unit di Surabaya.  

4 dari 7 halaman

2. Pedestrian Scrubber

Selain truk untuk menyapu jalan raya, Pemkot juga memperhatikan kebersihan akses pejalan kaki. Untuk menjaga kebersihan pedestarian, Pemkot menyediakan Pedestarian Scrubber mini. 

Melansir informasi dari akun Instagram @dkrthsby, Pemkot sedang gencar melakukan renovasi pedestarian. Salah satunya adalah dengan penggunaan lantai keramik sebagai bahan dasar pedestarian. 

Pedestarian Scrubber mini atau yang disebut juga dengan “Odong-Odong Pedestarian” ini adalah bentuk untuk menjaga kebersihan pedestarian. Dengan adanya alat ini, pembersihan akses pejalan kaki dapat berjalan lebih cepat, efektif, efesien dan menghemat tenaga kerja.  

5 dari 7 halaman

Tenaga Mesin dari Tenaga Listrik

Selain itu, kelebihan dari alat ini adalah sifatnya yang ramah lingkungan. Hal tersebut karena sumber tenaga mesin ini berasal dari tenaga listrik, sehingga tidak ada gas buang yang dihasilkan. 

Kini sudah ada 4 unit Pedestarian Scrubber yang ada di Surabaya. 1 unit dikelola oleh bagian umum, sedangkan 3 unit lainnya dikelola oleh DRTH. 

6 dari 7 halaman

Mobil Skywalker

Mobil skywalker ini untuk memangkas ranting-ranting. Selain itu, merawat pohon dan memperbaiki lampu PJU yang ada di jalan-jalan kota Surabaya.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
BPOM Ungkap 96 Kasus Peredaran Kosmetik Ilegal hingga November 2019
Artikel Selanjutnya
Sikap PWNU soal Imbauan MUI Jatim Tak Ucapkan Salam Lintas Agama