Sukses

Begini Cara KAI Daop 8 Surabaya Semarakkan Hari Santri Nasional 2019

Manajemen PT KAI Daop 8 Surabaya mengharapkan lewat kegiatan di Hari Santri Nasional 2019 mengingatkan kepada masyarakat pentingnya peranan santri.

Liputan6.com, Surabaya - PT KAI Daop 8 Surabaya turut meriahkan Hari Santri Nasional 2019. Salah satunya dengan menyelenggarakan aneka kegiatan hiburan kepada para penumpang KA dan masyarakat di sekitar Stasiun Gubeng Lama, untuk memperingati Hari Santri Nasional 2019 pada 22 Oktober 2019.

Aneka kegiatan semarak ini terdiri dari pergelaran musik qasidah rabana bernuansa Islami di lobby Stasiun Surabaya Gubeng lama, dengan diikuti kegiatan pembagian 750 buah suvenir menarik kepada para penumpang KA Lokal. 

Suvenir tersebut berupa alat tasbih dari yang berbentuk konvensional hingga digital, Al-Qur'an, Buku Juz Amma, Buku Iqro, sejadah, bendera merah putih dan bunga. Serta kehadiran manusia robot dengan aksesoris nuansa santri, menambah ceria pada kegiatan kali ini.

"Hari ini dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Santri Nasional 2019, tim Humas PT KAI Daop 8 Surabaya menyajikan hiburan musik bernuansa Islami di lobby Stasiun Gubeng Lama," tutur Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto, Selasa (22/10/2019). 

"Selain pagelaran musik, kita juga membagikan secara gratis berbagai souvenir  bernuansa Islami kepada para penumpang KA secara gratis.  Bagi para penumpang KA cilik yang bisa menghafal 5 surat pendek dalam Al-Qur'an akan kita berikan doorprize menarik seperti tasbih digital, buju Iqro dan sajadah," ia menambahkan.

Suprapto berharap, dengan rangkaian kegiatan ini, bisa mengingatkan kepada masyarakat akan pentingnya peranan santri dalam perjuangan kemerdekaan Bangsa Indonesia, hingga mengisinya dengan berbagai upaya pembangunan diberbagai bidang mulai bidang ekonomi, sosial hingga pendidikan. "Tema Hari Santri Nasional 2019 ini bertajuk "Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia," ucap Suprapto. 

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peringatan Hari Santri Nasional 2019

Hari Santri Nasional (HSN) jatuh pada 22 Oktober setiap tahun. Peringatan ini, ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada 22 Oktober 2015 di Masjid Istiqlal Jakarta. 

Penetapan Hari Santri Nasional dimaksudkan untuk meneladankan semangat jihad kepada para santri tentang keindonesiaan yang digelorakan para ulama. Tanggal 22 Oktober merujuk pada satu peristiwa bersejarah yakni seruan yang dibacakan oleh Pahlawan Nasional, KH Hasjim Asy'ari pada 22 Oktober 1945. 

Seruan ini berisikan perintah kepada umat Islam untuk berperang (jihad) melawan tentara Sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah Republik Indonesia pasca-Proklamasi Kemerdekaan. Sekutu ini maksudnya adalah Inggris sebagai pemenang Perang Dunia II untuk mengambil alih tanah jajahan Jepang. Di belakang tentaran Inggris, rupanya ada pasukan Belanda yang ikut membonceng.

Aspek lain yang melatarbelakangi penetapan HSN ini adalah pengakuan resmi pemerintah Republik Indonesia atas peran besar umat Islam dalam berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan serta menjaga NKRI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.