Sukses

Pemkot Surabaya Siapkan Kawasan Ndresmo Jadi Kampung Santri

Pemkot Surabaya menyatakan pengembangan Kampung Santri di Jagir Sidosermo, Surabaya pada 2019 masih fokus pembenahan infrastruktur.

Liputan6.com, Jakarta - Kawasan pondok pesantren di Jagir Sidosermo, Surabaya, Jawa Timur atau yang akrab disebut Ndresmo disiapkan menjadi Kampung Santri.

"Nantinya, kawasan ini akan menjadi lokasi bersejarah dan legendaris, sehingga dapat dijadikan sebagai jujukan wisata religi," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Pemerintah Kota Surabaya Eri Cahyadi di Surabaya, Selasa.

Menurut dia, pengembangan Kampung Santri pada 2019 masih fokus pada pembenahan infrastruktur dasar, termasuk fasilitas umumnya, mulai dari pavingisasi, rehab bangunan-bangunan pondok, juga pemugaran makam Assayyid Ali Ashgar Basyaidan.

"Semuanya alhamdulillah sudah selesai kita lakukan," kata dia, Selasa (22/10/2019) dilansir Antara.

Pada 2020, pihaknya akan mengonsolidasikan beberapa pemangku kepentingan untuk menggarap Ndresmo lebih serius sebab potensi pengembangan Ndresmo cukup besar. Hal itu bisa dilihat dari acara pengajian seperti selawatan, istigasah, hingga zikir bersama cukup banyak.

Bahkan, lanjut dia, hampir setiap bulan selalu ada kegiatan tersebut sehingga cocok untuk dijadikan Kampung Santri.

"Jika penataan kegiatannya optimal, semakin banyak masyarakat yang mengikuti pengajian di sini yang akan bisa menggerakkan ekonomi warganya, termasuk para santri juga," kata Eri yang juga Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya tersebut.

Selain itu, kata dia, Kampung Santri akan berfokus pada potensi pengembangan pondok pesantren di Ndresmo. Para santri bisa didorong untuk berdaya secara ekonomi dengan meningkatkan kemampuan kewirausahaan, kepemimpinan dan managemen. Tujuannya, para santri-santri lulusan Ndresmo tidak hanya ahli dalam bidang agama, tetapi juga bisa menciptakan lapangan kerja.

"Apalagi mereka tinggal di Surabaya yang pertumbuhan investasi dan ekonominya juga sangat bagus. Santri bisa ikut mengambil peran di bidang ekonomi," tutur dia.

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disambut Positif

Pondok-pondok di kawasan Ndresmo juga bisa dikerjasamakan dengan pondok-pondok pesantren luar Surabaya, terutama pondok yang mempunyai inovasi dalam pengembangan ekonomi santri.

"Beberapa pondok yang saya temui memberdayakan santri di bidang perkebunan cokelat, kopi, bahkan sudah memiliki jaringan penjualan kopi hingga ke daerah-daerah. Ini bisa kita kolaborasikan nantinya," ujar dia.

Salah seorang kiai di Ndresmo, K.H. Mas Ahmad Nasrohuddin, menyatakan, Ndresmo memang sudah layak menjadi Kampung Santri. Di samping karena banyaknya santri dan pondok pesantren, keunikan Ndresmo yang berada di tengah kota juga bisa menjadikannya daya tarik.

"Kami sudah mendengar adanya wacana Kampung Santri dari Pemkot Surabaya. Saya kira ini jadi hal yang positif. Kami dan pemkot akan membahas lebih jauh lagi rencana ini. Alhamdulillah, beberapa pembenahan sudah dilakukan pemkot di Ndresmo. Ini jadi langkah yang baik sebelum membahas lebih jauh lagi soal pembangunan Kampung Santri," ujar Ahmad.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.