Sukses

VIDEO: Perajin di Surabaya Bikin Wayang dari Kardus Bekas

Liputan6.com, Jakarta - Tidak mampu membeli wayang kulit yang cukup mahal serta banyaknya sampah kardus bekas yang dibuang, seorang kakek 73 tahun di Surabaya, Jawa Timur berhasil menyulap kardus menjadi berbagai karakter wayang kulit.

Berkat ketekunannya membuat wayang kardus tersebut, salah satu cucunya piawai mendalang dengan memainkan beberapa lakon pewayangan.

Di tangan kreatif Sumino, kardus-kardus bekas yang diperoleh dari sampah warga sekitar ini, disulap menjadi tokoh wayang. Kardus bekas yang telah dipilih, terlebih dahulu digambar polanya sesuai karakter wayang yang diinginkan.

Kemudian dipotong, digambar motif, lalu diwarnai hingga menyerupai wayang kulit. Kreativitasnya tersebut bermula dari keinginannya untuk melestarikan kesenian tradisional wayang, khususnya di sekitar tempat tinggalnya yakni di kampung RT 03/RW 01 Panjang Jiwo, Surabaya.

Namun, harga kulit sebagai bahan dasar wayang yang cenderung mahal, membuat Sumino memutar otak, hingga menemukan ide untuk membuat wayang dari kardus.

Tak hanya berdampak baik bagi lingkunganya, bahkan pembuatan wayang kardus oleh kakek 73 tahun ini yang dipajang di sanggar sederhananya, membuat salah satu cucunya tertarik, dan dapat memainkan lakon dalam pewayangan sebagai seorang dalang cilik.

Cucu Sumino, Ahmad Mustawan Firdausi yang akrab disapa Awan, mengaku senang wayang buatan kakeknya. Karena dirinya bisa berlatih mendalang sendiri dengan beragam tokoh pewayangan, khususnya tokoh wayang favoritnya, yakni Wisanggeni.

Sumino sendiri, sudah membuat wayang dengan berbagai karakter pewayangan, beberapa di antaranya Wisanggeni, Sengkuni, hingga Togok dan Bilung. Meski begitu, Sumino belum berencana untuk memasarkan hasil karya wayangnya secara umum.

Ia berharap, karya wayangnya, bisa dimanfaatkan anak-anak sekitar, untuk belajar kesenian tradisional Indonesia tersebut, agar tidak punah. Demikian dilansir Fokus, 21 Oktober 2019.