Sukses

VIDEO: Kebakaran Hutan di Gunung Ranti Meluas ke Lereng Ijen

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran yang melanda kawasan hutan Gunung Ranti masih belum mereda, bahkan semakin luas. Sehingga kawasan hutan Gunung Ijen yang berada di dekat Gunung Ranti, ikut terbakar. Akibatnya jalur pendakian di 2 gunung itu ditutup sementara waktu, agar tak membahayakan wisatawan yang mendaki.

Hembusan angin yang cukup kencang, dan banyaknya semak belukar yang mengering, membuat kobaran api di lereng Gunung Ranti, Banyuwangi, Jawa Timur, semakin membesar, dan menjalar ke berbagai penjuru hutan, pada Minggu siang.

Kawasan hutan Gunung Ijen yang berada di sebelah Gunung Ranti ini pun ikut terbakar, hingga api cepat membesar, dan menghanguskan seluruh ilalang, dan ranting pohon yang mengering. Angin yang bertiup kencang membuat kobaran api semakin membesar.

Belum ada tindakan pemadaman dari pihak terkait lantaran sulitnya medan. Akibat kebakaran hutan di Gunung Ranti dan Ijen ini, pihak pengelola tempat wisata alam, untuk sementara waktu menutup jalur pendakian hingga kondisinya benar-benar kondusif.

Penutupan ini dilakukan untuk mengantisipasi sesuatu yang tidak diinginkan. Akibat penutupan ini, banyak wisatawan dari luar daerah yang terpaksa harus mengurungkan niatnya untuk menikmati pemandangan indah di kawasan puncak Gunung Ijen, Banyuwangi. Berikut dilansir Fokus, (21/10/2019).

Sementara itu, hingga Minggu siang Tim SAR Gabungan, masih melakukan pencarian 4 pendaki yang dikabarkan terjebak di puncak Gunung Ranti. Diketahui 4 pendaki tersebut 2 di antaranya laki-laki, dan 2 lainnya perempuan.