Sukses

VIDEO: Melihat Ritual Saat Hari Santri Nasional di Sidoarjo

Liputan6.com, Jakarta - Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun ini dirayakan tidak seperti biasanya. Perayaan hari santri yang bersamaan dengan pelantikan Presiden Joko Widodo Kyai Haji Ma’ruf  Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, dimeriahkan ribuan santri di Sidoarjo dengan melakukan prosesi pemasangan foto Presiden dan Wakil Presiden RI yang baru dilantik.

Tradisi pelepasan dan pemasangan foto kepala negara ini, dilakukan salah satu lembaga pendidikan berbasis pesantren SMP Darul Muta’alimin di Kabupaten Sidoarjo.

Tradisi unik ini dilakukan ribuan santri pada upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang dirayakan 22 Oktober. Dengan menggunakan sarung, peci dan sandal sebagai ciri khas santri, mereka melepas foto Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan diganti foto Presiden Wakil Presiden periode 2019-2024 yaitu Joko Widodo dan Kyai Haji Ma’ruf Amin.

Prosesi pemasangan foto presiden dan wapres ini dilakukan layaknya upacara Paskibraka. Selanjutnya foto-foto tersebut diserahkan kepada Kepala Sekolah selaku Inspektur Upacara Hari Santri Nasional. Para santri berharap lembaga pendidikan khususnya pendidikan pesantren, lebih maju. Para santri juga menggelar syukuran dengan makan bersama ribuan nasi kuning. Dengan harapan Indonesia tetap aman dan sejahtera.

Selain memasang foto kepala negara yang baru, ribuan santri juga melakukan doa bersama untuk kepemimpinan Joko Widodo Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden agar Indonesia semakin maju. Demikian diberitakan Liputan6, 22 Oktober 2019.