Sukses

Profil Muhadjir Effendy, Dari Mendikbud Kini Jabat Menko PMK Asal Jawa Timur

Liputan6.com, Jakarta - Nama Muhadjir Effendy kembali terpilih  menjadi menteri di Kabinet Jokowi Jilid 2. Namun, ia tidak menduduki posisi Menteri Pendidikan.  Ia terpilih menjadi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK). 

Posisi tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pengumuman kabinet yang diberi nama Kabinet Indonesia Maju pada Rabu (23/10/2019). "Muhadjir Effendy Menko PMK yang akan kawal akselerasi pengentasan kemiskinan, solidaritas nasional dan revolusi mental," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Muhadjir Effendy menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia periode 2016–2019. Saat itu, Ia menggantikan posisi Anies Baswedan yang telah menjabat sekitar 20 bulan. 

Muhadjir adalah mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Ia juga merupakan Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang Pendidikan dan Kebudayaan.

Mengutip berbagai sumber, jabatannya sebagai Rektor UMM berlangsung selama tiga periode yakni sejak 2000 sampai 2016. Selain itu, Ia juga tercatat sebagai Guru Besar Sosiologi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. 

Pria asal Jawa Timur ini menempuh pendidikan S3 di Universitas Airlangga, Surabaya. Disertasinya yang mengangkat “Pemahaman Tentang Profesionalisme Militer di tingkat Elit TNI-AD” membuat Muhadjir juga dikenal sebagai pengamat militer.

Sementara itu, pria kelahiran Madiun ini menempuh pendidikan S2 di Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan gelar Magister Administrasi Publik (MAP). Sedangkan pendidikan S1, Ia tempuh di Universitas Negeri Malang.

Sebelumnya, pria kelahiran 29 Juli 1956 ini juga menyelesaikan Sarjana muda di Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Malang (Sekarang Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang).

Tak hanya itu, Muhadjir Effendy juga pernah menempuh pendidikan Short Course, Regional Security and Defence Policy, National Defence University, Washington D.C., USA, 1993. Lalu Short Course, Management for Higher Education, Victoria University, British Columbia, Canada, 1991. 

Muhadjir juga memiliki beberapa catatan pengalaman organisasi. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina Pengurus Pusat Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Islam Swasta (BKS-PTIS), Anggota Kelompok Kerja Dewan Research Daerah (DRD) Jawa Timur, Anggota Tim Penyusun Visi Indonesia Berkemajuan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Wakil Ketua Pengurus Pusat Himpunan Indonesia Untuk Pengembangan Ilmu-ilmu Sosial (HIPIIS).

(Kezia Priscilla - Mahasiswa UMN)

 

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 4 halaman

Jokowi Resmi Umumkan Daftar Menteri di Kabinet Indonesia Maju

Presiden Jokowi resmi mengumumkan para menteri dan pembantunya yang lain dalam Kabinet Indonesia Maju. Para menteri ini diumumkan Jokowi di beranda depan Istana Merdeka, pukul 08.30 WIB, Rabu (23/10/2019).

Para menteri dipanggilnya satu per satu dan dikenalkan oleh Jokowi. 

"Langsung saja saya umumkan," kata Jokowi saat mengumumkan menterinya.

Pada pengumuman ini, mereka kompak mengenakan batik dan duduk di beranda. Para menteri itu kemudian berdiri, tersenyum dan melambaikan tangan saat namanya dipanggil Jokowi.

3 dari 4 halaman

Daftar Nama

1. Menko Polhukam: Mahfud MD

2. Menko Perekonomian: Airlangga Hartarto

4. Menko PMK: Muhadjir Effendi

3. Menko Kemaritiman dan Investasi: Luhut B Pandjaitan

5. Mensesneg: Pratikno

 

6. Mendagri: Jenderal Tito Karnavian

7. Menlu: Retno LP Marsudi

8. Menhan: Prabowo Subianto

9. Menteri Agama: Jenderal (Purn) Fachrul Razi

10. Menkum HAM: Yasonna Laoly

 

11. Mendikbud: Nadiem Makarim

12. Menkeu: Sri Mulyani

13. Menkes: dr Terawan

14. Mensos: Juliari Batubara

15. Menaker: Ida Fauziyah

 

16. Menperin: Agus Gumiwang Kartasasmita

17. Mendag: Agus Suparmanto

18. Menteri ESDM: Arifin Tasrif

19. Menteri PUPR: Basuki Hadimuljono

20. Menhub: Budi Karya Sumadi

 

21. Menkominfo: Johhny G Plate

22. Mentan: Syahrul Yasin Limpo

23. Menteri KLHK: Siti Nurbaya Bakar

24. Menteri KKP: Edhy Prabowo

25. Mendes PDTT: Abdul Halim Iskandar

 

26. Menteri ATR/Kepala BPN: Sofyan Djalil

27. Menteri PPN/Kepala Bappenas: Suharso M

28. MenPANRB: Tjahjo Kumolo

29. Menteri BUMN: Erick Thohir

30. Menkop UKM: Teten Masduki

 

31. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Wishnutama

32. Menteri PPPA: I Gusti Ayu Bintang Darmawati

33. Menristek dan Badan Riset : Bambang Brojonegoro

34. Menpora: Zainudin Amali

35. Kepala Staf Presiden: Moeldoko

 

36: Sekretaris Kabinet: Pramono Anung

37. Kepala BKPM: Bahlil Lahadalia

38. Jaksa Agung: ST Burhanuddin

 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenal Pulau Lusi, Tujuan Wisata Terpopuler di Indonesia
Artikel Selanjutnya
Bukit Kapur Sekapuk Gresik, Eksotis dan Mirip Bangunan Yunani