Sukses

3 Minuman Khas Surabaya dan Sekitarnya yang Wajib Coba

Bila sedang berkunjung ke Surabaya dan sekitarnya, terdapat minuman khas yang bisa dicoba. Selain menyegarkan, minuman ini juga memiliki banyak manfaat.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia adalah negara yang kaya. Tak hanya kaya akan kebudayaannya, Indonesia juga kaya akan kulinernya. Tak heran bila setiap daerah di Indonesia memiliki makanan dan minuman khas tersendiri.

Bahkan sangkin khasnya, terdapat hidangan yang hanya bisa ditemukan di daerah tertentu. Kekayaan kuliner inilah yang menjadi salah satu faktor daya tarik dari wisatawan. 

Surabaya adalah salah satu kota yang tak sepi akan wisatawan. Kekayaan kuliner Surabaya memang sudah populer dan sayang bila tidak dicoba.

Bila sedang berkunjung ke Surabaya dan sekitarnya, terdapat minuman khas yang wajib dicoba. Berikut 3 minuman khas Surabaya dan sekitarnya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

1. Es Sinom

Es Sinom adalah minuman khas dari Surabaya yang dikenal sebagai ramuan jamu. Hal tersebut dikarenakan, banyak manfaat dapat diperoleh dari minuman ini.

Es ini cocok bagi yang ingin minum jamu namun tidak suka dengan rasa pahit. Sinom memiliki cita rasa yang asam, manis dan segar. Sinom yang tidak memiliki rasa pahit membuat banyak orang menjadikan minuman ini sebagai jamu.

Es Sinom memiliki banyak manfaat dan khasiat baik untuk tubuh. Salah satu manfaat dari minuman ini adalah melancarkan pencernaan.

 

 

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Legen, Minuman Tradisional Gresik

2. Legen 

Minuman khas ini berasal dari Gresik. Legen adalah minuman tradisional yang dibuat dari tumbuhan siwalan. 

Siwalan dikenal juga dengan pohon lontar. Tetesan air siwalan nantinya ditampung menggunakan tabung dari bambu. Dibutuhkan waktu kurang lebih semalaman untuk membuat tabung tersebut penuh.

Melansir dari akun Instagram @infogresik, minuman ini memiliki rasa manis, segar dan sedikit asem. Di Gresik terdapat dua legen yang terkenal yaitu Panceng dan Hendrosari. Selain meghilangkan rasa haus, minuman ini juga bermanfaat untuk memperbaiki fungsi ginjal. 

3. Es Dawet Siwalan

Di daerah pesisir Paciran, Lamongan terkenal minuman Es Dawet Siwalan. Es ini menjadi minuman khas Lamongan yang sangat terkenal.

Berbeda dengan es dawet yang biasanya berwarna hijau, minuman ini berwarna putih. Es Dawet Siwalan menggunakan buah dari siwalan atau lontar sebagai isian.

Es ini banyak ditemukan di warung-warung pinggir jalan spenajang jalan raya Peciran. Sulit untuk menemui es dawet ini karna Pohon Siwalan hanya hidup di daerah kering.

(Kezia Priscilla - Mahasiswa UMN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.