VIDEO: Bangunan Warga Rusak Akibat Angin Kencang Terjang Magetan dan Pasuruan

VIDEO: Bangunan Warga Rusak Akibat Angin Kencang Terjang Magetan dan Pasuruan

Pendakian Gunung Lawu, di Magetan, Jawa Timur, ditutup. Sebab, terjadi badai di malam hari, yang menyebabkan rusaknya sejumlah tenda dan warung di sekitar puncak.

Sementara puluhan rumah di sekitar lereng Gunung Bromo, Pasuruan, rusak dihantam angin kencang. Warga berusaha memperbaiki bagian rumahnya yang rusak dan berharap bantuan dari pemerintah.

Sejak Senin pagi, jalur pendakian Gunung Lawu, melalui Cemoro Sewu, Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, ditutup. Penutupan dilakukan pihak Perum Perhutani, dari Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Lawu, menyusul terjadinya angin kencang sejak Minggu, 20 Oktober.

Dari data terakhir, masih ada sekitar 20 pendaki berada di puncak, namun mereka dinyatakan aman. Hembusan angin sempat merusak sejumlah tenda dan warung di sekitar puncak Lawu, atau Hargo Dalem. Musim kemarau seperti ini, selain kebakaran hutan, angin kencang juga sering terjadi. Sehingga banyak pohon tumbang.

Sejumlah warga di lereng Gunung Bromo di Desa Pusung Malang, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, berusaha mengais puing atap rumahnya, usai terhempas angin kencang.

Angin kencang membuat panik warga dan keluar menyelamatkan diri. Data sementara 37 rumah di 5 dusun di Desa Pucung Malang mengalami kerusakan ringan hingga berat. Warga berharap pemerintah setempat membantu dalam proses perbaikan rumahnya. Demikian diberitakan Fokus, 23 Oktober 2019.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 24 October 2019, 19:00 WIB

Video Terkait

Spotlights