Sukses

Pemkab Sidoarjo Bakal Bantu Pengobatan Balita Sakit Omfalokel

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo akan mengupayakan bantuan, baik bantuan pengobatan maupun bantuan santunan dana kepada Ananda Achmad Rizki Kurdianto.

Liputan6.com, Sidoarjo - Balita Ananda Achmad Rizki Kurdianto (2,5 th) yang didiagnosa menderita penyakit Omfalokel (penonjolan usus) mendapat perhatian Bupati Sidoarjo Saiful Ilah saat menyerahkan bantuan dana tunai kepada puluhan fakir miskin di Kantor Kecamatan Candi, Kamis (24/10/2019). 

Putra dari Eny (35) warga Desa Kedensari RT 12/RW 5 Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo tersebut menderita Omfalokel sejak lahir. Kondisi perut bagian bawah kiri Rizki tampak menyembul, karena ususnya menonjol keluar.

Balita yang belum genap tiga tahun tersebut harus menahan rasa sakit setiap hari. Dengan kondisi sekarang, pihak keluarga maupun pihak pemerintah desa sudah mengupayakan agar Rizki mendapat penanganan medis lewat operasi.

Dibantu Bidan Desa, Diah menjelaskan kepada Bupati Saiful Ilah penyakit Rizki merupakan bawaan dari lahir. Eni, Ibu dari Rizki dibantu Diah dan pemerintah desa Kedensari sudah membawa Rizki berobat ke Rumah Sakit  Dr. Soetomo Surabaya.

"Sudah kami bawa ke Rumah Sakit Dr. Soetomo dan akan dilakukan penanganan operasi, namun jadwal belum ditentukan, karena masih menunggu Rizki umur 3-4 tahun", kata Diah kepada Bupati Saiful Ilah.

Usai berbincang langsung dengan orang tua Rizki dan mendapat penjelasan sari Diah Bidan Desa Kedensari,  Saiful Ilah berjanji akan mengupayakan pengobatan Rizki bisa segera tertangani. Pihaknya akan koordinasi dengan RSUD Sidoarjo mengenai penyakit yang diderita Rizky. 

"Bila memungkinkan untuk dilakukan operasi di RSUD Sidoarjo, akan kita upayakan secepatnya dilakukan operasi, tentunya harus mendapat persetujuan dari orangtuanya," ujar Abah Ipul.

Abah Ipul berpesan agar orangtua Rizki bersabar, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo akan mengupayakan bantuan, baik bantuan pengobatan maupun bantuan santunan dana.

Pada kesempatan itu, orangtua Rizki mendapat bantuan uang tunai sebesar Rp 2,5 juta Bantuan tersebut diambilkan dari dana BAZ (Badan Amil Zakat) Kabupaten Sidoarjo. Selain Rizki, puluhan keluarga fakir miskin juga mendapat santunan dari BAZ. Puluhan keluarga itu rata- rata mendapat santunan Rp 700 ribu.

 

 

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.