Sukses

5 Wisata Danau di Jawa Timur, Asri dan Menyejukkan Mata

Keindahan wisata danau menyuguhkan suasana sejuk dan asri yang akan memberi ketenangan.

Liputan6.com, Jakarta Jawa Timur adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki sejuta keindahan alam yang memesona. Tidak heran provinsi ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Tanah air.

Berbagai wisata alam yang disuguhkan di Jawa Timur seperti wisata pantai, pegunungan, hutan, hingga sungai menjadi andalan sebagai pemikat datangnya wisatawan. Tak ketinggalan, wisata danau di wilayah ini siap untuk memanjakan mata wisatawan.

Jika kamu berwisata ke Jawa Timur, jangan lupa untuk mengunjungi beberapa wisata danau di provinsi ini. Keindahan alami yang sejuk dan asri akan memberi ketenangan. Sangat ampuh untuk menghilangkan penat dengan keseharian yang melelahkan.

Berikut beberapa wisata danau di Jawa Timur yang sejuk dan asri, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (25/10/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Danau Ronggojalu

Lokasi danau ini cukup dekat dengan pusat kota Probolinggo, sehingga tidak butuh waktu lama untuk menuju ke sana. Selain itu kamu juga bisa menaiki angkutan umum untuk menuju ke Ronggojalu.

Danau ini sering dijadikan tempat berenang oleh wisatawan. Selain itu juga tersedia pendopo kayu di tepian danau. Pemandangan di wisata ini cukup memberikan ketenangan dan bisa membuat wisatawan refreshing sejenak.

3 dari 6 halaman

2. Telaga Ngebel

Ponorogo juga menyajikan sebuah tempat wisata danau yang indah yakni Telaga Ngebel atau Danau Ngebel. Merupakan sebuah danau alami yang terbentuk di kaki Gunung Wilis.

Lokasinya berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Ponorogo. Suasana di danau ini sangat sejuk dan sering dikunjungi wisatawan ketika musim liburan.

Untuk dapat menikmati keindahan Danau Ngebel kamu cukup membayar tiket masuk seharga hanya 4.000 rupiah saja, harga yang sangat terjangkau.

4 dari 6 halaman

3. Ranu Agung

Ranu Agung merupakan sebuah objek wiisata danau di Probolinggo yang cukup terkenal. Konon danau ini terbentuk karena letusan Gunung Lemongan.

Pemandangan di danau ini sangat indah, lengkap dengan tebing-tebing tinggi yang ada di sekitar danau. Cuacanya juga sangat sejuk sehingga membuat wisatawan betah untuk berlama-lama di sana.

Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan banyak kegiatan menarik di sana. Salah satunya adalah berkeliling danau menggunakan perahu getek atau rakit kecil yang dibuat dari jalinan bambu.

5 dari 6 halaman

4. Ranu Gumbolo

Jika di Gunung Semeru ada Ranu Kumbolo, maka di Tulungagung ada Ranu Gumbolo. Tempat wisata danau di Jawa Timur yang satu ini menjadi salah satu tempat wisata yang populer di Tulungagung.

Pemandangannya yang indah, lengkap dengan perbukitan hijau yang ada di tepiannya membuat cukup banyak wisatawan lokal dan luar Jawa Timur yang datang ke lokasi wisata ini. Tak hanya itu, di wisata ini juga tersedia banyak fasilitas yang menarik. Salah satunya rumah pohon untuk spot foto. Jika wisatawan sedang ramai, Anda perlu mengantri untuk bisa berfoto di sana.

6 dari 6 halaman

5. Ranu Kumbolo

Salah satu danau yang populer di Jawa Timur dan paling banyak dicari wisatawan, khususnya para pendaki adalah Ranu Kumbolo. Ranu Kumbolo berada di jalur pendakian ke Gunung Semeru terletak pada ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut.

Walau untuk menuju ke Ranu Kumbolo memang dibutuhkan pendakian yang cukup panjang dan menguras tenaga, namun keindahan Ranu Kumbolo memang menjadi magnet tersendiri bagi para pendaki. Sesuai dengan namanya yakni Ranu berarti danau dan Kumbolo berarti tempat berkumpul. Ranu Kumbolo memang merupakan danau yang sering dijadikan tempat camping oleh para pendaki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.