Sukses

Gelora Bung Tomo Surabaya dalam Angka

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia terpilih menjadi tuan rumah pertandingan sepak bola Kejuaraan Dunia U-20 pada 2021. Keputusan ini diumumkan langsung oleh Presiden FIFA Gianni Infantino dalam FIFA Council Meeting, Shanghai, Kamis 24 Oktober 2019. 

Terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah, mengalahkan Peru dan Brasil dalam bidding. Terdapat 10 stadion yang diajukan PSSI ke FIFA dalam bidding  Piala Dunia U-20 salah satunya bertempat di Surabaya, Jawa Timur. 

Salah satu stadion yang akan dipersiapkan oleh Pemerintah Kota Surabaya adalah Stadion Gelora Bung Tomo. Stadion ini merupakan bagian dari kompleks olahraga Surabaya Sport Center.

Kabar gembira itu juga disambut oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma). Ia bersyukur Indonesia menjadi tuan rumah pertandingan sepak bola Kejuaraan Dunia U-20 pada 2021.

“Saya mengucapkan puji syukur kepada Tuhan YME, telah mengabulkan keinginan saya untuk membanggakan anak-anak Surabaya. Mereka sangat ingin Surabaya menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20,” kata dia.

Risma berjanji akan sekuat tenaga untuk menyiapkan Stadion Gelora Bung Tomo sebagai venue pertandingan. Meski saat penyelenggaraan pertandingan sepak bola kejuaraan dunia U-20, dirinya sudah tak menjabat lagi sebagai Wali Kota Surabaya.

Lantaran, tahapan yang harus dilalui agar bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 begitu berat. Enam bulan lagi  akan ada evaluasi proses persiapan yang telah dilakukan.

"Makanya, saya siapkan semuanya, misalkan fiber optik di Gelora Bung Tomo, beberapa lapangan pendukung yang setengah jam tak jauh dari lapangan utama, maupun tempat penginapan. Insyaallah akan kita siapkan," ujar dia.

Melansir informasi dari berbagai sumber, Stadion Gelora Bung Tomo adalah stadion yang mulai dibangun pada 2008. Biaya konstruksi stadion ini diperkirakan mencapai Rp 500 miliar. 

Stadion yang dirancang oleh arsitek asal Malaysia ini resmi dibuka pada 6 Agustus 2010. Nama Bung Tomo sendiri diambil dari salah satu Pahlawan Nasional Indonesia yang berperan besar bagi Surabaya dalam peristiwa 10 November 1945.

Stadion ini menjadi basis baru bagi Persebaya Surabaya yang sebelumnya ada di Stadion Gelora 10 November. Selain biasa digunakan untuk pertandingan sepak bola, stadion ini juga beberapa kali menjadi tempat pertunjukan musik.  

Berikut adalah Stadion Gelora Bung Tomo dalam angka:

- Kapasitas penonton : 55.000

- Lampu: 1.600 luks

- Jenis rumput: Zoycia Matrella

-  Lintasan atletik: 400 meter, 8 jalur

(Kezia Priscilla - Mahasiswa UMN)

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 3 halaman

Indonesia Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Sebelumnya, Indonesia resmi ditunjuk FIFA menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Kepastian ini mencuat usai akun resmi PSSI mengunggahnya media sosial Twitter, Kamis 24 Oktober 2019.

"Alhamdulillah. Astungkara. Puji Tuhan. Indonesia resmi terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021!! tulis akun resmi PSSI di Twitter.

Sebelumnya, pengumuman disampaikan langsung oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino, dalam jumpa pers yang digelar usai pertemuan. "Untuk FIFA World Cup U-20 pada 2021 akan digelar di Indonesia," kata Infantino. "Selamat, selamat untuk Indonesia," Infantino menambahkan.

Bagi Indonesia, ini pertama kalinya besar sekelas Piala Dunia, meski untuk kategori junior. Terakhir, Negeri Tercinta menggelar Piala Asia tahun 2007, bersama Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Seperti diketahui, ajang Piala Dunia U-20 merupakan ajang junior bergengsi. Dari ajang ini, lahirlah bintang-bintang sekelas Diego Maradona (Argentina), Zvonimir Boban (Yugoslavia), Anders Iniesta (Spanyol), hingga Lionel Messi (Argentina).

Biasanya, mereka datang dari tim-tim yang tampil menjadi juara. Berikut daftar tim-tim yang pernah jadi juara di Piala Dunia U-20.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Mahasiswa Unair Bikin Produk Kecantikan dari Racikan Nusantara
Artikel Selanjutnya
Dinas Pendidikan Jawa Timur Dampingi Sekolah Terkait USBN