Sukses

Jurus Risma Siapkan Gelora Bung Tomo untuk Piala Dunia U-20 2021

Liputan6.com, Surabaya - Indonesia resmi terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Hal ini terungkap dalam akun resmi PSSI di media sosial Twitter pada Kamis, 24 Oktober 2019.

"Alhamdullilah. Astungkara. Puji Tuhan. Indonesia resmi terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021!!! Tulis akun resmi PSSI di Twitter.

Indonesia sebelumnya mencalonkan diri sebagai tuan rumah gelaran Piala Dunia U-20 tahun 2021. Indonesia bersaing dengan Brasil dan Peru.

Ini menjadi pertama kalinya Indonesia menggelar turnamen sekelas Piala Dunia, meski di level usia muda. Sebelumnya, Indonesia hanya pernah menjadi tuan rumah Piala Asia 2007, itu pun tuan rumah bersama. 

PSSI sudah mengajukan sepuluh stadion dari beberapa kota untuk menggelar pertandingan turnamen Piala Dunia U-20. Salah satunya stadion itu di Surabaya, Jawa Timur.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini pun bersyukur Indonesia dapat menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021. Risma akan berusaha sekuat tenaga agar Stadion Gelora Bung Tomo dapat menjadi venue untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20.

"Saya mengucapkan puji syukur kepada Tuhan YME, telah mengabulkan keinginan saya untuk membanggakan anak-anak Surabaya. Mereka sangat ingin Surabaya menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20,” ujar Risma.

Ia berjanji akan sekuat tenaga untuk menyiapkan Stadion Gelora Bung Tomo sebagai venue pertandingan. Meski saat penyelenggaraan pertandingan sepak bola kejuaraan dunia U-20, dirinya sudah tak menjabat lagi sebagai Wali Kota Surabaya.

Sejumlah langkah yang dilakukan Risma antara lain menyiapkan lima lapangan olah raga pendukung. "Beberapa lapangan olah raga pendukung yang lima sudah kita siapkan,” tegas Risma.

"Enam bulan cukup untuk pembenahan, terutama untuk lapangan  pendukung. Untuk kursi Single Seat awal tahun kita lelang. Saat evaluasi nanti, kita sudah siapkan Single Seat," ucapnya.

Presiden United Cities and Local Government (UCLG) Asia Pasific ini menambahkan, beberapa fasilitas lainnya yang disiapkan, seperti Sentel Ban, tempat pemanasan, termasuk lampu penerangan.

Ia berjanji sebelum evaluasi, semua fasilitas telah siap. Mengenai akses jalan menuju Stadion Gelora Bung Tomo, Risma menegaskan, selain akan memperbaiki akses jalan utama, juga akan memanfaatkan jalan Lingkar Luar Barat (JLLB).

“Saya akan menghadap menteri PUPR untuk membantu percepatan akses ini, termasuk PT Pelindo untuk Fly Over. Karena dari Fly over aksesnya melewati sekitar TPA, kemudian masuk ke stadion,” paparnya.

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 3 halaman

Indonesia Resmi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Sebelumnya, Indonesia resmi ditunjuk FIFA menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Kepastian ini mencuat usai akun resmi PSSI mengunggahnya media sosial Twitter, Kamis 24 Oktober 2019.

"Alhamdulillah. Astungkara. Puji Tuhan. Indonesia resmi terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021!! tulis akun resmi PSSI di Twitter.

Sebelumnya, pengumuman disampaikan langsung oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino, dalam jumpa pers yang digelar usai pertemuan. "Untuk FIFA World Cup U-20 pada 2021 akan digelar di Indonesia," kata Infantino. "Selamat, selamat untuk Indonesia," Infantino menambahkan.

Bagi Indonesia, ini pertama kalinya besar sekelas Piala Dunia, meski untuk kategori junior. Terakhir, Negeri Tercinta menggelar Piala Asia tahun 2007, bersama Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Seperti diketahui, ajang Piala Dunia U-20 merupakan ajang junior bergengsi. Dari ajang ini, lahirlah bintang-bintang sekelas Diego Maradona (Argentina), Zvonimir Boban (Yugoslavia), Anders Iniesta (Spanyol), hingga Lionel Messi (Argentina).

Biasanya, mereka datang dari tim-tim yang tampil menjadi juara. Berikut daftar tim-tim yang pernah jadi juara di Piala Dunia U-20.

 

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Menko Luhut Ingin Konsultan RI Dapat Evaluasi Kereta Jakarta-Surabaya
Artikel Selanjutnya
Pelaku Industri Tekstil Bakal Pindahkan Pabrik ke Jateng dan Jatim