Sukses

Sektor Usaha Ini Bakal Raup Untung dari Gelaran Piala Dunia U-20 di Surabaya

Ketua Kadin Surabaya Muhammad Ali Affandi meminta pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Surabaya, Jawa Timur untuk mempersiapkan diri menyambut gelaran Piala Dunia U-20.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Surabaya Muhammad Ali Affandi menilai, gelaran Piala Dunia U-20 di Surabaya akan memberikan banyak manfaat dari sisi ekonomi.

Oleh karena itu, ia juga meminta pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Surabaya, Jawa Timur untuk mempersiapkan diri menyambut gelaran Piala Dunia U-20 di Kota Pahlawan.

"Piala Dunia U-20 tentu menghasilkan multiplier effect yang sangat besar sehingga pelaku ekonomi lokal Surabaya jangan sampai melewatkan momen tersebut. Sejak sekarang harus mempersiapkan diri," ujar Ali mengutip Antara, Jumat (25/10/2019).

Ia menuturkan, dari sisi ekonomi akan ada banyak manfaat yang bisa diperoleh Surabaya dari mega  event tersebut. Hal itu pembangunan infrastruktur yang mampu menyerap tenaga kerja. Selain itu, tumbuhnya sektor bisnis baru, hingga bergeliatnya berbagai sektor bisnis yang menunjang pelaksanaan kegiatan Piala Dunia U-20.

Andi menuturkan, sejumlah sektor bisnis yang dapat menuai manfaat antara makanan minuman, jasa transportasi, hotel, event organizer, UMKM suvenir, pelaku kesenian hingga biro perjalanan wisata.

Andi menuturkan, pihaknya siap bermitra dengan Pemkot Surabaya untuk menyiapkan para pelaku usaha lokal, terutama yang masih berskala UMKM untuk menyambut potensi bisnis di ajang Piala Dunia U-20.

"Tentu harus disiapkan sejak sekarang. Bagaimana UMKM terutama dari masyarakat di sekitar venue dan lokasi latihan bisa berstandar, memenuhi ekspektasi pasar global. Misalnya bagaimana makanan khas Surabaya disajikan oleh UMKM dengan cita rasa dan kemasan berstandar dunia. Jangan sampai nanti yang menikmati adalah pelaku usaha besar saja," ujar dia.

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Momentum Mengenalkan Surabaya

Sementara itu, Ketua Bidang Milenial, Olahraga dan Kesehatan Kadin Surabaya Edra Brahmantya menuturkan, potensi lain yang tak kalah besar adalah kehadiran wisatawan mancanegara mulai dari para pemain timnas berbagai negara, penyelenggara dari FIFA, media internasional hingga pendukung serta penggemar dari luar negeri.

"Ini momentum untuk mengenalkan Surabaya, maka perlu didukung dengan atraksi seni budaya, pesta kuliner, wisata sejarah, dan jenis wisata lainnya. Kadin Surabaya akan mengajak pelaku usaha pariwisata duduk bersama, untuk kita kreasi bikin atraksi selama Piala Dunia berlangsung. Jadi selain menyaksikan sepak bola, wisman juga melihat berbagai atraksi wisata di Surabaya," ujar dia.

Surabaya akan menjadi salah satu tuan rumah perhelatan akbar tersebut. Keputusan penunjukan itu diumumkan Presiden FIFA, Gianni Infantino dalam Council Meeting di Shanghai, China pada Kamis, 24 Oktober 2019.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.