Sukses

Menguji Adrenalin, Ini 5 Lokasi Panjat Tebing Paling Seru di Jawa Timur

Liputan6.com, Jakarta Bagi para pecinta olahraga yang menantang, panjat tebing merupakan salah satu kegiatan yang bisa menjadi pilihan. Selain dapat mengolah tubuh dan melatih kecekatan, panjat tebing juga dapat memberi sensasi yang berbeda dari olahraga lainnya karena lebih menantang. 

Panjat tebing memang tidak hanya dilakukan di tebing sungguhan, tetapi juga dapat dilakukan di fasilitas olahraga panjat tebing yang dapat ditemukan di kota maupun kampus. Hanya saja untuk mendapatkan sensasi yang lebih menegangkan, melalukan panjat tebing di alam bebas lebih menjadi pilihan.

Bagi pecinta olahraga panjat tebing sekaligus pecinta alam, di Indonesia terdapat sangat banyak tebing-tebing yang dapat digunakan sebagai wahana panjat tebing. Beberapa di antaranya berada di provinsi Jawa Timur.

Tebing-tebing tersebut memiliki medan yang cukup menantang. Sehingga dapat menguji adrenalin para pemanjat tebing. Selain itu, lkasinya yang berada di alam bebas, membuat pemandangannya menjadi menakjubkan.

Beberapa tebing di provinsi Jawa Timur patut kamu coba. Namun jangan lupa untuk tetap memperhatikan keselamatan. Berikut 5 lokasi panjat tebing yang paling seru dan menguji adrenalin di Jawa Timur dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (28/10/2019).

2 dari 6 halaman

1. Tebing Prangas

Disebut dengan Tebing Prangas karena tebing ini berada di Dusun Prangas Kecamatan Sumbermanjing, Malang. Tebing Prangas memiliki ketinggian antara 50 hingga 100 meter. Jenis batuan pada tebing ini adalah batuan kapur yang keras dan kaku, selain itu juga terdapat banyak jalur pendakian yang menantang.

Tak heran jika tebing ini sering menjadi tujuan para pecinta olahraga panjat tebing. Melakukan aktivitas panjat tebing, dengan ditemani pemandangan alam Gunung Semeru yang indah dan megah semakin menambah daya tarik lokasi ini.

3 dari 6 halaman

2. Tebing Sepikul

Tebing Sepikul merupakan tebing tertinggi di Jawa Timur yang berada di Kota Trenggalek, tepatnya di Desa Watu Agung. Ketinggian tebingnya yang mencapai lebih dari 500 mdpl dan karakteristik bebatuannya yang berjenis andesit memberikan tantangan tersendiri bagi para pemanjat tebing.

Federasi Panjat Tebing Indonesia dan berbagai Komunitas Pecinta Alam di Jawa Timur sering mengadakan pengibaran bendera merah putih pada hari kemerdekaan Indonesia di tempat ini.

4 dari 6 halaman

3. Tebing Watu Semaur

Tebing Watu Semaur berada di Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo. Tebing ini memiliki ketinggian srkitar 125 meter, cukup menantang untuk dipanjat. Lokasi tebingnya juga unik, yakni berada di tengah-tengah padang rumput dan cukup mudah diakses karena berada dekat dari jalan raya.

Lokasi ini juga menarik untuk dijadikan tempat berkemah di alam bebas. Setelah puas memanjat tebing ataupun berkemah, kamu juga dapat menikmati keindahan air terjun Sangguh yang letaknya tak begitu jauh dari tebing.

5 dari 6 halaman

4. Tebing Lembah Kera

Tebing Lembah Kera berlokasi di Dusun Dempok Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang. Ketinggiannya kurang dari 100 meter dan memiliki cukup banyak jalur pemanjatan, sehingga sangat cocok untuk para pemanjat pemula sebagai tempat pengenalan dan latihan. Nama jalur panjatnya juga unik-unik seperti No Cry, Gong Setan hingga Doraemon.

Tebing Lembah Kera sering digunakan sebagai tempat pemberian diklat oleh berbagai komunitas pecinta alam maupun organisasi-organisasi sekolah dan kampus kepada anggotanya.

Selain itu, pengunjung juga bisa mendirikan tenda dan bermalam dibawah tebing. Fasilitasnya pun tergolong memadai, seperti ketersediaan keran air di dekat tebing, dan bahkan juga terdapat toilet umum.

6 dari 6 halaman

5. Tebing Sumbing

Tebing Sumbing merupakan salah satu tebing yang sangat menarik, seru dan menguji adrenalin untuk dipanjat. Tebing ini berlokasi di Kecamatan Ngacar Kabupaten Kediri, dengan ketinggian yang mencapai hingga 200 meter. Tebing Sumbing terletak di atas Gunung Kelud yang merupakan gunung merapi aktif.

Terdapat banyak jalur panjat di Tebing Sumbing yang tentunya cukup menarik. Namun para pemanjat harus tetap berhati-hati karena tidak semua bagian tebing ini kokoh dan keras. Ada pula bagian yang rapuh dan mudah terlepas sehingga dapat membahayakan keselamatan pemanjat.

Loading
Artikel Selanjutnya
Jawa Timur Jadi Tuan Rumah Program Pertukaran Pemuda Indonesia-Australia
Artikel Selanjutnya
7 Potret Transformasi Rosa Meldianti, Penampilannya Bikin Pangling