Sukses

5 Spot Menarik Pulau Bawean Gresik, Yuk Segera Kunjungi

Liputan6.com, Jakarta - Kabupaten Gresik berbatasan dengan Kota Surabaya, Jawa Timur. Selain menjadi pusat industri, Gresik juga memiliki tujuan wisata yang tak ada salahnya untuk dikunjungi. 

Salah satu lokasi yang bisa dikunjungi di Gresik adalah Pulau Bawean. Pulau ini menyimpan banyak spot menarik yang belum banyak orang tahu. 

Tak hanya Pulau Dewata, Bawean juga memiliki pantai. Pantai ini memiliki keindahan alam bawah laut yang sayang untuk dilewatkan. Tak hanya itu, masih ada spot-spot lain yang tak kalah menarik.  Berikut lima spot menarik Pulau Bawean Gresik yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber: 

1. Penangkaran Rusa Bawean

Bawean memiliki jenis rusa, yang hanya bisa ditemukan di pulau ini. Rusa itu biasa disebut Rusa Bawean, dengan nama latin (Axis kuhili). Rusa ini sudah diklasifikasikan terancam punah. Rusa inilah yang menjadi mascot Asian Games 2018. 

Berkunjung ke Bawean, kita bisa melihat langsung rusa yang tergolong langka ini. Tidak seperti di kebun binatang pada umumnya, di penangkaran ini rusa dibiarkan berkeliaran. Selain rusa, terdapat pula satwa lain khas endemik Pulau Bawean, seperti babi kutil, babi bagong, dan babi jawa. 

Penangkaran Rusa Bawean memiliki luas kurang lebih 4 hektar. Walau dibiarkan liar, rusa ini tidak bisa diberi makan sembarangan oleh wisatawan yang datang.

2. Pantai Gili

Pulau Bawean dikelilingi beberapa pulau kecil. Salah satunya adalah Pulau Gili. Pulau ini memiliki penghuni paling besar selain Bawean, Gresik.

Di sini, terdapat pantai yang memiliki pasir putih. Kita dapat menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam yang indah di Pantai Gili.

Hasil tangkapan laut para warga juga memberikan kenikmatannya. Sambil menikmati keindahan pantai, kita bisa menikmati hidangan hewan laut yang dijual di sana.

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 4 halaman

Danau Kastoba

3. Danau Kastoba 

Danau Kastoba berlokasi di Desa Paromaan Kecamatan Tambak yang ada di puncak ketinggian dan persis tengah-tengah Pulau Bawean. Untuk sampai di sana, kita dapat mencapainya dengan berjalan kaki. 

Danau Kastoba memberikan kenyamanan alam bebasnya. Pemandangan danau luas, dipadukan dengan pepohonan hijau yang mengelilinginya. 

Di danau ini, banyak terdapat ikan mujair spesies khas air tawar. Selain itu, kita juga dapat menemukan spesies satwa langka aneka serangga tak ditemukan di tempat lain.

4. Pantai Pulau Cina 

Bagi yang gemar menjelajahi keindahan alam bawah laut, Pantai Pulau Cina adalah tempat yang cocok. Pantai ini terkenal dengan pesona alam lautnya.

Di sini, kita bisa melihat keindahan terumbu karang laut. Wisatawan dapat melihatnya langsung di dalam air dengan snorkelling atau diving. Bila tidak ingin berenang, kita juga bisa menikmatinya dari atas permukaan laut menggunakan perahu. Pantai ini ada di Desa Teluk Jati Dawang, Kecamatan Tambak dan pulau Gili Bawean.

3 dari 4 halaman

Air Terjun Laccar

5. Air Terjun Laccar

Air Terjun Laccar adalah salah satu objek wisata yang harus dikunjungi saat ke Gresik. Air terjun ini ada di kawasan Desa Kebun Teluk Dalam Kecamatan Sangkapura. 

Air terjun ini memiliki ketinggian 25 meter dengan latar belakang tebing. Akses ke tempat ini tergolong mudah. Wisatawan dapat menggunakan motor atau mobil untuk ke lokasi. Dengan menyusuri jalan setapak selama kurang lebih 15 menit, wisatawan sudah bisa mengakses Air Terjun Laccar.

(Kezia Priscilla - Mahasiswa UMN)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini