Sukses

Mengenal Seni Tradisional Thungka dari Pulau Bawean Gresik

Liputan6.com, Jakarta - Pulau Bawean adalah salah satu lokasi wisata yang terkenal dari Kabupaten Gresik. Di pulau ini terdapat banyak tempat yang cocok untuk rekreasi. 

Berlibur ke Pulau Bawean, Gresik, Anda bisa melihat keindahan alam bawah laut di Pantai Pulau Cina. Selain itu, terdapat pula Danau Kastoba yang bisa dijadikan tempat untuk menghilangkan penat. Di sana Anda akan mendapatkan pemandangan danau luas dengan banyak pohon hijau mengitarinya. 

Selain populer dengan tempat wisatanya, Pulau Bawean juga memiliki tradisi budayanya sendiri yang menarik. Tradisi tersebut adalah Thungka lur.

Melansir dari disparbud.gresikkab.go.id, Thungka adalah seni pertunjukan musik tradisional Bawean, Gresik yang menggunakan ronjhengan dan ghentong (alu) sebagai alat pukulnya. Ronjhengan adalah lesung penumbuk padi berbentuk menyerupai perahu kecil.

Di Bawean, seni pertunjukan ini dikenal dengan Thungka lur. Permainan musik Thungka, dimainkan oleh sekelompok perempuan. Selain menjadi vokalis, mereka juga menjadi pemukul ronjhengan menggunakan alu.

Irama yang dimainkan menggambarkan suasana musim panen yang ditunggu-tunggu oleh petani. Sedangkan syairnya berisi puji-pujian tentang kebesaran Tuhan. Biasanya, Thungkka ditampilkan dalam upacara penyambutan maupun pengantin adat.

(Kezia Priscilla - Mahasiswa UMN)

 

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 3 halaman

Menelusuri Wagos, Wisata Alam di Gresik

Sebelumnya, Gresik, Jawa Timur mempunyai julukan sebagai kota industri. Terlepas panggilan tersebut, pemerintah setempat terus berupaya mewujudkan daerahnya menjadi kota yang miliki berbagai tempat wisata.

Di kota ini, tersedia berbagai jenis tujuan wisata, ada wisata pulau, wisata bukit batu, dan wisata lainnya. Masing-masing tempat wisata tersebut tentu mempunyai keunggulan, entah dari fasilitas, atau pelayanannya.

Keindahan pesona alam di Gresik, tak jarang mampu menjadi magnet para wisatawan lokal dan mancanegara untuk datang. Oleh karena itu, Pemkot Gresik terus membenahi potensi wisata yang daerahnya miliki.

Dari sekian destinasi di Gresik, kali ini Liputan6.com merangkum mengenai objek Wisata Alam Gosari atau biasa disebut Wagos yang dikutip dari berbagai sumber. Wisata alam ini sekitar 40 KM dari pusat kota Gresik. 

Wisata Alam Gosari (Wagos) merupakan tempat yang memberikan sarana dan prasarana berupa spot-spot yang bisa membuat koleksi foto pengunjungnya terlihat instagramable, seperti dilansir dari instagram @gresiktourism.

Wisata Alam Gosari, Gresik, mengkombinasikan pemandangan alam dengan miniatur-miniatur bangunan unik. Bangunan unik itu, diantaranya ada yang dihias dengan payung-payung dilangitnya, pilar atau tiang bertuliskan bahasa asing, dan konstruksi rumah-rumah yang berwarna-warni. Wisata ini buka setiap hari dari pukul 07.00-17.00 WIB.

Tempat wisata Wagos ini sangat cocok untuk mempercantik feed instagram Anda. Bisa dikunjungi di Desa Gosari, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

(Wiwin Fitriyani, mahasiswi Universitas Tarumanagara)

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini