VIDEO: Genjot Wisata Lewat Festival Perahu Naga di Muara Pantai Jember

VIDEO: Genjot Wisata Lewat Festival Perahu Naga di Muara Pantai Jember

Jika selama ini muara pantai selalu identik dengan kotor dan kumuh, namun lain halnya dengan muara Pantai Payangan di pesisir selatan Jember, Jawa Timur, yang dikenal karena kebersihan dan keindahannya.

Puluhan tim cabang olah raga perahu naga, beradu cepat melawan gelombang di muara pantai. Selain untuk mempopulerkan cabang olah raga perahu naga, kegiatan tersebut juga sebagai ajang promosi wisata.

Jika biasanya muara pantai identik dengan kotor dan kumuh, namun tidak di muara Pantai Payangan di pesisir Jember, Jawa Timur. Deretan perahu nelayan tertata rapi di tepi muara. Berikut kita simak videonya pada Fokus, 28 Oktober 2019.

Muara pantai yang dikenal dengan kebersihannya, menjadi venue Kejuaran Perahu Naga Tingkat Nasional, yang diikuti 496 atlet dari berbagai daerah di Indonesia. 48 tim beradu menjadi yang tercepat dalam kejuaran ini.

Kejuaran Nasional Perahu Naga di Pantai Payangan ini, memperlombakan dua kelas, yakni; kelas 10 pendayung 500 m umum putra, dan kelas 10 pendayung 250 m pelajar putra.

Uniknya, seluruh peserta beradu cepat dengan cara melawan arus muara, sehingga menjadi tantangan tersendiri. Selain untuk mengenalkan cabang olah raga perahu naga kepada masyarakat Jember. Ajang ini, juga sebagai promosi wisata muara pantai yang dikenal dengan kebersihan dan pemandangannya.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 30 October 2019, 11:00 WIB

Video Terkait

Spotlights