VIDEO: Begini Cara Anak Punk dan Pelajar Peringati Sumpah Pemuda

VIDEO: Begini Cara Anak Punk dan Pelajar Peringati Sumpah Pemuda

Ada yang menarik dari peringatan Sumpah Pemuda di sejumlah daerah di Jawa Timur. Di Sidoarjo, ratusan anak punk mengucapkan teks sumpah pemuda, hingga memamerkan kreativitas positifnya, untuk menepis stigma negatif di masyarakat.

Sementara di Pasuruan, ratusan pelajar upacara Sumpah Pemuda di tepi sungai, dan pawai budaya menggunakan rakit. Kegiatan ini juga untuk kampanye menjaga kebersihan lingkungan sungai. Berikut kita simak videonya pada Fokus, 29 Oktober 2019.

Ada peribahasa, Jangan Menilai Buku Hanya dari Sampulnya, mungkin pas untuk menggambarkan kegiatan ratusan anak-anak punk, di Sidoarjo, Jawa Timur. Ya, mereka mengucapkan teks Sumpah Pemuda, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sebagai wujud nasionalisme generasi muda di Lapangan Indoor Tennis GOR setempat.

Mereka juga menunjukkan kebolehan berkreasi, dengan memodifikasi kendaraan bermotor, perajin aneka pakaian, hingga menjual barang-barang jadul. Acara ini diapresiasi warga, sebab selama ini biasanya anak punk mendapat stigma negatif di masyarakat.

Sementara di Pasuruan, ratusan pelajar melaksanakan upacara di tepi sungai Complong, Desa Sladi, Kecamatan Kejayan. Mereka menggelar pawai budaya dengan memakai aneka pakaian daerah, juga miniatur bangunan bersejarah di Jawa Timur, menggunakan rakit, menyusuri sungai tersebut.

Tak sekadar memperingati Hari Sumpah Pemuda, kegiatan ini menurut pihak penyelenggara, juga bertujuan untuk mengkampanyekan cinta sungai dan lingkungan sekitarnya.

Selain menarik antusias peserta, acara yang digelar setahun sekali ini, juga menarik minat masyarakat untuk menyaksikannya. Agar pesan positif terus menjaga lingkungan, bisa lebih banyak tersampaikan ke masyarakat luas.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 30 October 2019, 15:00 WIB

Video Terkait

Spotlights